Cara Praktis Membuat Ayam Goreng Tepung Krispi

Ayam goreng tepung krispi tentu saja sangat disukai anak-anak. Cukup dengan cocolan saos sambal dan saos tomat saja sudah terasa istimewa. 

 

 

resp ayam goreng tepung krispi
sumber foto : cookpad

 

Menu sayam goreng tepung krispi salah satu andalan bila anak-anak sudah mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja. Eh tapi tunggu, dulu saya tak pintar membuatnya pada awalnya.

Jadi kebanyakan beli-beli saja. dulu saya tak pintar membuatnya. Jadi kebanyakan beli-beli saja. Mulai beli online, sampai beli langsung.

Mulai dari merek terkenal yang lumayan menguras kantong sampai ayam goreng tepung krispi pinggir jalan yang harganya cukup terjangkau. Anak-anak tentu saja suka dan lahap makannya. Bagaimana dengan anak-anak kalian? Suka juga kah?

Namun ada saja kelemahan dengan membeli ini. Mulai dari rasanya yang kurang pas, kebanyakan tepung minim daging ayam sampai dengan  kegaringan yang kurang sempurna. Selain itu juga ada sedikit ketakutan, khususnya kurang sehat karena kualitas bahan-bahannya yang kita nggak tau.

Misalnya soal minyaknya. Apalagi dengan harga minyak yang relatif agak mahal sekarang. Nah, minyak apa kira-kira yang pedagang gunakan. Jadi pertanyaan tersendiri kan?

Mulailah saya berpikir untuk membuat sendiri. Awalnya dengan membeli tepung instan yang dikhususkan buat ayam goreng. Tapi ini juga masih terasa mahal. Apalagi sebungkus tepung bumbu kadang terlalu sedikit, walhasil harus beli banyak tepung bumbu yang haganya diatas rata-rata harga tepung, kan? Haha. Walau praktis sih.

Sampai akhirnya adik saya yang mantan pebisnis catering mengajari cara praktis membuat ayam goreng tepung krispi dengan mudah dan bisa pakai tepung yang ada di rumah saja alias pakai tepung terigu saja hehe.

Alhamdulillah setelah beberapa kali praktik dan melihat langsung cara pembuatannya sudah berhasil membuatnya walaupun kadang masih ada kekurangan disana-sini. Yang jelas anak-anak menjadi sangat lahap makannya apalagi dalam kondisi baru digoreng dan hangat. Makyus sekali.

Kemudian bila mau sambal geprek juga tidak susah. Tinggal ulek sambal sebentar. Pokoknya beneran praktis. Yang mau tau lebih lanjut, beikut cara pembuatannya ya.

Bahan pokok ayam goreng krispi

# Ayam satu ekor sedang bisa dipotong 25 buah atau sesuai selera saja. Kalau saya suka kecil-kecil saja.

#Bawang putih 7 siung

#Ketumbar dan garam secukupnya

#Tepung terigu

#Penyedap rasa

#Minyak untuk menggoreng

Cara pembuatan ayam goreng krispi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, cara pembuatannya ternyata cukup mudah. Ikuti saja step dibawah ini ya

Cuci bersih ayam yang sudah dipotong. Kemudian beri bumbu ulek bawang putih, ketumbar dan garam. Campurkan bumbu dan ayam dan kemudian masukkkan kulkas minimal 30 menit agar bumbu meresap sempurna.

Siapkan tepung terigu secukupnya dan beri penyedap rasa

Bila sudah kurang lebih 30 menit keluarkan ayam yang sudah dibumbu dari kulkas dan balur satu per satu dengan tepung. Sebaiknya pastikan tepung benar-benar melekat di ayam.

Panaskan minyak agak banyak sampai panas dan masukkan ayam secukupnya

Selama proses penggorengan api usahakan kecil saja. Kemudian tusuk-tusuk ayam dengan garpu agar benar-benar matang sempurna.

Bila sudah kekuningan, bisa diangkat dari penggorengan dan dihidangkan

Sambalnya tinggal pilih. Bisa saos sambal/tomat saja atau ulekkan sambal geprek (bawang putih dan cabe saja). Geprek ayam panas di cobek secukupnya dan hidangkan.

Selamat mencoba. Dijamin kalian semua akan melupakan diet untuk sementara hehe. Dan yang jelas dengan membuat sendiri, selain lebih ekonomis, pastinya juga lebih sehat kan?

Karena kita tahu kualitas semua bahan. Mulai dari kualitas ayamnya sampai bumbu-bumbunya. Dan minyak yang digunakan.

Ayo, mulai berkreasi ya, semoga berhasil

Tetap semangat semuanya..

 

 

Cara Praktis Membuat Ayam Goreng Tepung Krispi Cara Praktis Membuat Ayam Goreng Tepung Krispi Reviewed by Pojok Rumahan on Januari 20, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.