Ingin Kuliah Di Semarang? Berikut Biaya Kuliahnya

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Semarang memiliki pesona dan daya tarik, baik dari segi budaya, tempat wisata, kuliner, hingga menjadi kota tujuan untuk melanjutkan kuliah.

 
kuliah di semarang

 

 

Tertarik melanjutkan kuliah di Semarang? Tentu, boleh-boleh saja. Apalagi Semarang memiliki beberapa universitas negeri dan swasta unggulan, sebut saja Universitas Diponegoro, Universitas Islam Sultan Agung, dan Universitas Dian Nuswantoro.

 

Selain banyak kampus berkualitas, biaya hidup di Semarang juga relatif lebih murah dibandingkan kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya.

 

Di Semarang, kalian juga bisa belajar berbagai tradisi baru yang tentu saja menarik, karena budaya Jawa masih cukup kental.

Selain itu fasilitas transportasi dan fasilitas lain cukup memadai sehingga nyaman buat tempat berkuliah.

 

Jangan salah, walaupun Jogjakarta yang disebut-sebut sebagai kota pelajar,namun di Semarangpun ,kamu akan menemui mahasiswa dengan asal berbagai daerah di Indonesia. tentu ini menarik dan memberi wawasan baru buatmu.

 

Beberapa juga menyebut kuliah di Semarang menarik karena dekat dengan tempat wisata. Wah, asik juga. Walaupun, ingat-ingat tujuannnya kuliah bukan bersenang-senang belaka ya hehehe

 

  

 

Biaya Kuliah Beberapa Universitas di Semarang

 

Salah satu biaya yang dibebankan saat kuliah adalah biaya UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang dibayarkan sesuai kemampuan ekonomi atau penghasilan orang tua. UKT biasanya terbagi atas beberapa golongan, dimana setiap golongan memiliki besaran nilai yang berbeda disesuaikan dengan kemampuan ekonomi atau penghasilan orang tua. 

 

Universitas Diponegoro (Undip) 

Jalur masuk Undip beragam membuat besaran biaya kuliah berbeda. Untuk UKT golongan 1 dipatok sebesar Rp 500.000, namun kenaikan setiap golongan akan berbeda tergantung jurusan. Misal, untuk Hukum UKT golongan 8 sebesar Rp 8.500.000, Teknik Sipil sebesar 9.500.000, Kedokteran Umum Rp 22.500.000 dan Farmasi Rp 12.500.000.

 

Univeristas Islam Sultan Agung (Unissula) 

Unissula memiliki 11 fakultas dengan berbagai pilihan program studi. Untuk Faklutas Kedokteran Umum biaya masuk mulai dari Rp 285.000.000 dan biaya UKT RP 20.000.000. untuk jurusan Teknik biaya masuk mulai dari Rp 6.500.000 dan biaya UKT mulai dari 4 juta. Sementara untuk jurusan Tarbiyah dan Syariah, biaya masuk mulai dari 2 juta rupiah dan biaya UKT mulai dari 3 juta.

 

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) 

Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi di Semarang dan terakreditasi A. Untuk masuk ke Udinus dikenakan Uang Sumbangan Pengembangan Institusi (USPI) sesuai jurusan. USPI paling mahal dikenakan pada S1 Teknik Informatika sebesar Rp 26.000.000 dan paling murah S1 Teknis Biomedis sebesar Rp 10.000.000.

 

Untuk bisa kuliah perlu beberapa hal yang perlu dipersiapkan, baik sebelum maupun setelah diterima. Salah satunya biaya yang berkaitan erat dengan finansial. Jadi, sebelum memutuskan mengambil jurusan apa, sebaiknya pertimbangkan kemampuan finansial agar tidak putus di tengah jalan. Biaya tersebut juga harus memperhitungkan biaya living dan biaya-biaya lainnya.

 

Sudah siap kuliah di Semarang?

 


Ingin Kuliah Di Semarang? Berikut Biaya Kuliahnya Ingin Kuliah Di Semarang? Berikut Biaya Kuliahnya Reviewed by Pojok Rumahan on Agustus 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.