Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin

 

Makan gudeg nikmat nggak harus ke Jogjakarta atau Solo. Di banjarmasin (Kalsel) pun ada gudeg enak dan recommended yaitu Gudeg Solo Bu Joko di Cemara Raya Banjarmasin.

gudeg solo

 

Gudeg Solo Bu Joko – gudeg, bisa dikatakan salah satu makanan favorit saya. Barangkali karena pengalaman pernah tinggal di Jogjakarta selama 4,5 tahun di kota gudeg Jogjakarta. Dulu ingat banget ,pertama kali makan gudeg saat ngekost tahun pertama kuliah.

Saat itu setiap pagi, ada nenek-nenek yang menjajakan gudeg yang dibungkus kecil-kecil buat sarapan. Mirip nasi kucing di angkringan saking mininya. Lupa sih saat itu harganya berapa. Yang jelas, tiap pagi, si mbah itu datang ke kost an menawarkan dagangan ke anak-anak kost yang saat itu sangat banyak.

Karena banyak yang membeli, sayapun ikut membeli. Namun sat itu karena nggak bisa sama makanan di daerah baru, gudeg terasa sangat aneh di lidah. Apalagi berbeda banget dengan aneka makanan di Banjarmasin.

Namun, seiring waktu, saya rupanya mulai terbiasa dengan citarasa gudeg Yogyakarta yang sangat khas. Oh iya, di Jogjakarta, gudeg bisa ditemukan di sepanjang hari. Dari pagi hingga malam hari. Dijual mulai di pasar tradisional,warung-warung makan sederhana hingga restoran terkenal

Dulu saya senang dengan gudeg pasar Condong catur (masih ada nggak ya pasaranya?). Andalannya gudeg ayam suwir hehe. Kemudian malam hari juga ada gudeg yang dijual murah meriah, cocok dengan kantong mahasiswa.

Ketika pindah ke Jakarta, gudeg pasar Mayestik Jaksel juga jadi andalan. Walau nggak bisa sering-sering karena harus naik angkutan ke pasarnya kalau makan siang dalam kerjaan.Yang jelas,gudeg pasar yang satu ini juga juara.

Gudeg Solo bu Joko Banjarmasin

Salah satu rekomendasi gudeg di kota Banjarmasin adalah gudeg Solo bu Joko di wilayah Adyaksa/ Cemara,Kayutangi Banjarmasin.

Gudegnya tergolong lengkap. Mulai perangkat gudeg seperti gudegnya, krecek,berbagai baceman, ayam suir/ayam utuh dan sambalnya tersedia. Ada juga berbagai macam gorengan dan kerupuk disediakan sebagai pelengkap.

Soal rasa sebenarnya nggak semanis di gudeg asli Jogjakarta. Gudeg Solo yang satu ini rasa manisnya “ standar” saja.Mungkin menyesuaikan dengan lidah lokal. Namun tentu tak mengurangi kenikmatan rasa gudeg dan berbagai perlengkapannya.

Saya sendiri, sangat menyukai menu yang sedang-sedang saja. Biasanya saya memilih menu gudeg telor plus ayam suwir seharga Rp 13.000. Ada juga tersedia berbagai macam paket gudeg yang bisa dipilih oleh pembeli.

Bisa dibungkus atau dimakan ditempat. Semuanya tetap saja sangat enak buat dinikmati.

Bila makan ditempat, aneka minuman juga tersedia. Biasanya disajikan dalam gelas teh poci yang unik yang tentu sangat menambah nikmatnya makan seporsi gudeg Solo.

Jangan khawatir dengan pelayanannya. Menurut pengamatan saya, pelayanan di warung ini sangat bagus. Para pelayan juga dilatih sangat ramah bahkan bisa berbahasa lokal bahkan bisa mengatakan “minta rela”, ungkapan yang biasanya diucapkan oleh pedagang lokal banjarmasin. Ini tentu

keunikan tersediri.

Penasaran? Langsung aja ke Gudeg Solo Bu Joko. Masuknya bisa dari Jl. Cemara Raya atau dari Adyaksa Kayutangi. Barbagai petunjuk menuju warung sunguh menambah kemudahan menemukan warung ini.

Gudeg disini buka mulai jam 7 pagi -13.00 (pagi hari). Sedangkan untuk sore hari, mulai jam 3 sore sampai malam hari baru tutup. Bagi yang membawa mobil dan motor, juga tersedia parkir yang sangat luas dan cukup .

Semoga bermanfaat.  

Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin Gudeg Solo Bu Joko Banjarmasin Reviewed by Pojok Rumahan on Mei 16, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.