Perjalanan Bangil dan Surabaya (2)

rawon pak pangat
rawon pak pangat (dok : pribadi)

Ceritanya ternyata cukup panjang sehingga harus dibuat dua tulisan :)


12 Mei 2024, Minggu

Minggu pagi yang cukup meng-galau di kota orang. Tidak ada teman yang bisa diajak jalan-jalan juga haha. Satu-satunya cara adalah harus jalan-jalan sendirian saja.

Kurang dari jam 56 pagi, si kakak sudah berangkat ke kampus. Ada tugas kepanitiaan di kampusnya.

Jadilah saya bengong sendiri di kos-an. Kepikiran beli nasi jagung, salah satu nasi favorit kalau sedang berada di Surabaya. Tapi akhirnya memutuskan buat searching google dulu : harus kemana hari ini? kuliner apa yang cocok?  

Akhirnya menemukan tempat yang cocok buat menghabiskan hari Minggu :) yaitu Alun-alun Surabaya dan kulineran dengan makan rawon.

Rawon pak Pangat merupakan lokasi rawon enak terdekat yang saya temukan dari pencarianku di google sih. Letaknya soalnya di Wonokromo juga, dekat dengan kos kakak lah atau nggak jauh banget. Naik gojeklah kesana : Rp 10.000 saja. 

Saat itu jam masih 8.30an  pagi, kondisi warung rawonnya masih agak sepi juga. saya memesan rawon campur dan segelas teh. Seporsi rawon seharga : Rp 35.000 (belum pajak)

Usai makan rawon, go to alun-alun Surabaya. pertama, agak asing, karena nggak kayak alun-alun Bangil atau alun-alun di kota lain.Tapi okelah.

Dari Rawon Pak Pangat ke Alun-Alun ternyata cukup jauh juga. Maklum Alun-alun tuh di Surabaya pusat, sedangkan Wonokromo di Surabaya Selatan, kalau nggak salah sih. Tapi alhamdulillah sampai juga.

Sempat melihat pertunjukan di Balai budaya-nya sih, anak-anak sedang menari.Keren juga. Selanjutnya cuma keliling-keliling dan muter-muter saja plus jajan hahaha.

balai pemuda surabaya

Sempat juga ke perpustakaan umum kota Surabaya, Balai Pemuda (ini masih masuk alun-alun apa nggak ya, kurang tahu juga)

perpustakaan umum kota surabaya
salah satu buku yang dibaca

Hari yang menyenangkan sih. Sempat makan pecel 10.000-an juga di area tersebut. Sorean pulang lagi ke kos kakak by gojek, lagi-lagi. (bukan iklan gojek sih,tapi gojek kayak jadi sahabat setia aja :)

Oh iya, Minggu malam kami sempat ke cafe dengan si kakak. Sebentar saja dan hanya pesan minuman, karena sudah lelah juga hehe

cafe surabaya


13 Mei 2024, Senin

Hari ini kakak ada jadwal kuliah siangan. Pagi-pagi beli nasi jagung dulu buat mengganjal perut.Nggak tau kenapa, nasi jagung deket kos kakak selalu saja istimewa (atau laparkah?)

Sempat mau ke Ampel, tapi jauh banget ihh pas di cek. 14 km dari kos kakak

Akhirnya langsung memikirkan opsi lain : nonton film di Royal Plaza. Kebetulan mall ini tidak terlalu jauh dari kos kakak, naik gojek Rp 10.000 saja. Aku nonton film : The Architecture of Love (TAOL)

Cerita review tentang film ini, aku bagikan di blog ku yang satunya ya 

Kelar nonton lanjut perjalanan ke taman Bungkul , Darmo. Kenapa ke taman ini? bingung sih jawabnya hahaha.Tiba-tiba aja juga kepikirannya.

taman bungkul surabaya
taman bungkul surabaya (dok : pribadi)


Menikmati sore di Taman Bungkul sendirian saja.not bad ternyata. Anak-anak ramai main bola dan banyak juga orang-orang berpasangana atau bersama beberapa kawannya sedang duduk santai. oh iya, aku sempat masuk ke makamnya Sunan Bungkul , katanya sih masih ada hubungan sama Sunan Ampel.

Hmmm, tapi jujur, karena satu-satunya pengunjung sore itu jadi ya agak takut hahahaha (dasar penakut sih aslinya)

Oh,iya sorenya ketemu blogger Surabaya : mbak Maria Tanjung

blogger indonesia
thank you Mbak maria

Habis dari taman bungkul, aku otw Tenggilis,janjian sama kakak dan teman-teman kampusnya. Seru juga ternyata gaul sama anak-anak gen Z haha

Jadi hapal circle-nya si kakak siapa aja.Alhamdulillah ya

unesa ketintang


14 Mei 2024, Selasa

Jam 11.an siang ke Royal Plaza lagi. beli botol minuman pesenan si bungsu. Si kakak beli kipas, gelas dan apa lagi ya. Intinya ikutan berbelanja juga haha.

Setelah itu otw jl Genteng Besar, tempat jualan oleh-oleh di Surabaya. Kalau yang ini atas rekomendasi teman baik juga (thank you @dauskamal_) 

Naik gojek dari Royal Plaza ke Genteng Besar. Masuk beberapa toko oleh-oleh dan membeli beberapa saja. maklumlah aslinya nggak ada yang dikasih oleh-oleh juga ,hanya orang terdekat saja hehehe

habis itu minum (haus euy) dan ngobrol sama ibu penjual minum 5000-an, otw lagi ke jalan Tunjungan. panas menyengat luar biasa euy ternyata.Sempat duduk -duduk di bangku jalan Tunjungan - enak bgt emang jalan-jalan sendiri tuh .

Suasana nggak rame kayak malam hari, maklumlah panas.tapi  tetap duduk-duduk si, soalnya takut bakal lama lagi ntar ke Surabaya- nya hahaha

jl tunjungan surabaya
jl tunjungan siang hari

 Pokoknya udara siang itu sangat panas walau tetap menyenangkan juga kok. Alhamdulillah, langitnya Surabaya keren ya

tunjugan plaza
bakal kangen dengan kota ini 

Jujur sih tadinya mengira hanya Jogja dan Depok yang bikin kangen kalau sedang jauh,ternyata kini surabaya masuk list kota yang bikin kenangan juga haha.

setelah selesai panas-paasan di Tunjugan, balik lagi ke kos kakak

Jam 5 sore : otw Bandara Juanda Surabaya. Pesawat Citilink 19.10 wib

THANK YOU SURABAYA DAN KENANGANNYA Sampai jumpa lagi

Semoga bermanfaat..


Perjalanan Bangil dan Surabaya (2) Perjalanan Bangil dan Surabaya (2) Reviewed by Pojok Rumahan on Mei 22, 2024 Rating: 5

2 komentar:

  1. Aku udh lamaaa bgt ga ke Surabaya. Trakhir kesana tp cuma lewat, Krn tujuan utama malang dan Gresik. Padahal Surabaya banyak bgt wisata kulinernya, dan banyaaaak bloggers yg aku pengen jumpa kalo ke sana 😄.

    Tapi eksplor sendiri seperti ini juga menarik ya mba. Banyak yg bisa kita lihat, dan rasa juga. Dan selama ada gojek, memang gampang kemana2 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai ka Fanny, iya nih enak ekslor suka2 kmrn di Surabaya.Semoga suatu saat bisa mengulangnya kembali.Gojek memang sangat membantu

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.