Susah Mencari Guru Les Privat? Coba Cara Ini

 

Mencari guru les privat ternyata bukan soal mudah. Semacam cocok-cocokan. Anak merasa nyaman, guru juga enjoy mengajar. Inilah yang seringkali tidak klop.

 

mencari guru les privat
sumber foto : orami

 

 

Ceritanya, anak saya nomer dua ingin mencari guru privat buat belajar bahasa arab. Bersekolah di SD Negeri kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsnawiyah (Mts) tentu saja hal baru buat anak saya. 

 

Harus menyesuaikan dengan beberapa pelajaran seperi bahasa Arab.

Ditambah lagi setahun terakhir memang full belajar online karena pandemi yang membuatnya menangkap pelajaran tidak utuh.

 

Nilai pelajaran yang terbilang “baru” buat anak saya anjlok pada dua semester terakhir. Kata anak saya, dia sangat sulit memahami karena belajar online saja.

 

Jadilah akhirnya, kami memutuskan memanggil guru privat bahasa Arab ke rumah. Namun sayangnya, alamat rumah beliau sangat jauh dari rumah sehingga akhirnya beliau tak lagi bisa ngajar.

 

Mencari gugu privat yang cocok memang susah-susah gampang. Namun,bila kita memang memerlukannya, tetap harus diupayakan mencari yang cocok dan sesuai.

 

Tips Mencari Guru Privat

 

Seperti yang diceritakan diatas, ternyata mencari guru privat juga tidak mudah. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh.

 

Pertama, melalui lembaga resmi misalnya ada beberapa lembaga bimbingan belajar atau bimbel yang memang menyediakan guru untuk mengajar privat di rumah. Atau via aplikasi juga sudah banyak.

 

Kedua, mencari secara mandiri. Bisa dengan banyak cara sih kalu ini. Tahu dari teman atau saudara hingga mencari dengan searching di internet. Namun, rekomendasi saudara atau teman tentu lebih baik. 

 

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika mencari guru privat :

 

Kualifikasi Guru 

Tentu ini harus menjadi perhatian. Kalau mencari guru les bahasa Inggris tentu sang guru harus paham soal berbahasa asing yang satu ini. Demikian juga dengan mata pelajaran lainnya.

 

Pengalaman Mengajar 

Ini juga tentu dibutuhkan. Mereka yang sudah berpengalaman tentu saja lebih baik daripada yang tidak memiliki pengalaman.


Kepribadian Guru Privat

Tentu ini juga hal penting. Misalnya soal disiplin. Tidak hanya murid yang dituntut disiplin, gurupun harus memiliki kepribadian yang baik dan disiplin.

 

Bisa Mengajar untuk Usia Tertentu

Biasanya yang memerlukan guru privat tidak hanya murid dewasa, kebanyakan malah anak-anak. Nah seorang guru privat dituntut untuk bisa mengjaar untuk anak-anak, kalau memang muridnya anak-anak.

 

Biaya Les Privat

 

Berapa harga guru privat ke rumah? Ini tentu juga menjadi pertanyaan saya dan para orang tua lainnya.

 

Tentu jawabnya tergantung kota besar atau kota kecil, mata pelajaran, kesulitan mata pelajaran yang di les privat-kan, kualifikasi guru / pengalaman guru dan mungkin juga tentang  kesepakatan antara orang tua dan guru biaya yang pantas dan wajar.

 

Sebagai ilustriasi, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, harga les privat mulai Rp 160.000 per sesi atau pertemuan meliputi biaya belajar dan trasportasi guru. Sedangkan untuk guru yang diambil dari sekolah internasional, bisa mencapai Rp 250.000 per pertemuan bahkan bisa lebih.

 

Sekali lagi, tentu saja tetap berdasarkan kesepakatan kedua pihak.

Sedangkan untuk daerah-daerah di luar Jakarta (di luar P.Jawa), gaji guru privat sedikit lebih rendah (menyesuaikan dengan UMR setempat).

Biaya guru les privat ke rumah berkisar Rp 30.000-Rp 75.000/an per sesi atau bisa juga diakumulasi bulanan saja. Namun ,sekali lagi, tetap tergantung kesepakatan orang tua dan guru.

 

Semoga bermanfaat

Susah Mencari Guru Les Privat? Coba Cara Ini Susah Mencari Guru Les Privat? Coba Cara Ini Reviewed by Pojok Rumahan on Juli 01, 2021 Rating: 5

2 komentar:

  1. MTs mana nih anakmu En? Kalo anakku dulu di MTs Al Furqon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maka aku sudah pernah bkisah mi..di Mts plus Al Hamid kayutangi

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.