Kelebihan Mengambil Jurusan IPA di SMA

Jurusan IPA di SMA masih sangat diminati. Bahkan banyak orang tua menyarankan anaknya mengambil jurusan IPA saja dibanding jurusan IPS. Apa sebenarnya kelebihan mengambil jurusan IPA

kelebihan mengambil jurusan IPA di SMA
sumber foto : SMAN 3 Jogja

 

Dari jaman saya SMA, jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) begitu banyak peminatnya. Termasuk saya salah satunya. Mengapa? Kalau jaman saya, kalau anak yang memilih jurusan IPA, dianggap lebih pintar dari anak-anak yang mengambil jurusan lainnya di SMA

Namun, tentu saja jaman sudah berubah. Banyak oranng tua yang kini sudah memahami potensi anak masing-masing sehingga nggak akan memaksakan anaknya untuk mengambil jurusan tertentu. Apalagi semuanya punya peluang untuk sukses yang sama bukan?

Tapi kali ini kita akan fokus membahas jurusan IPA ya

Jurusan IPA Membahas Apa Saja

Buat yang belum tahu, jrusan IPA membahas beberapa mata pelajaran. Antara lain biologi (ilmu tentang makluk hidup), fisika (dasar pembentukan alam dan gaya yang mempengaruhinya), Kimia ( ini ilmu tentang sifat,susunan dan struktur yang terdapat pada alam semesta), matematika (tentu ini wajib) dan beberapa mata pelajaran inti lainnya.

Bila mengambil jurusan IPA, pengalaman saya sih, harus siap-siap dengan skill berhitung  yang baik, memahami berbagai logika dan keterkaitan satu dan yang lain, menghapal berbagai rumus fisika, menghapal berbagai unsur kimia dans egala perniknya.

Anak jurusan IPA juga siap-siap untuk banyak melakukan praktikum di laboratorium, khusunya di pelajaran biologi dan kimia.

Keuntungan Mengambil Jurusan IPA di SMA

Meskipun dianggap sebagai jurusan yang cukup rumit, ada beberapa keuntungan mengambil jurusan IPA yang perlu kamu ketahui.

Memiliki Skill Berhitung dan Logika yang Baik

Sudah rahasia umum, rata-rata anak IPA memiliki skill berhitung yang baik.pengetahuan ini cukup bermanfaat buat masa depan dan segala bidang kehidupan.

Dapat memilih Jurusan apa Saja Ketika Kuliah

Kabar baiknya anak IPA, lebih banyak memiliki pilihan jurusan ketika kuliah nanti. Mereka juga bisa lintas jurusan. Sedangkan anak IPS apalagi bahasa lebih terbatas pilihannya.

Anak IPA bisa ke beberapa jurusan IPS tetapi akan IPS tidak bisa ke jurusan IPA. Ini yang menyebabkan banyak orang yang memilih jurusan IPA ketika kuliah.

 Dikenal Sebagai Siswa Pintar

Walau belum tentu, namun image nya demikian. Apalagi di jurusan IPA dituntut lebih “serius” karena pelajaran yang lebih berat tadi.

Ditambah lagi memang ada seleksi masuk IPA di beberapa sekolah lebih berat.Jadilah jurusan ini dianggap lebih bergengsi.

Banyak Lomba

Walaupun jurusan IPS dan bahasa juga ada lomba, jurusan IPA terkesan bergengsi karena ada lomba yang gaungnya nasional maupun internasional. Sebut saja lomba olimpiade matematika atau fisika.

Memenangkan lomba seperti ini tentu kebanggaan tersendiri buat siswa maupun buat sekolah.

Profesi Untuk Anak Jurusan IPA

Hampir semua profesi cocok buat anak IPA. Namun kalau ditanya cita-cita, rata-rata mereka senang atau ingin menjadi dokter. Namun dalam satu sekolah hanya segelintir yang pada akhirnya berhasil menjadi dokter.

Tentu banyak profesi lain bagi mereka yang SMA nya memilih jurusan IPA, baik ketika mereka akan langsung bekerja setelah lulus atau kemudian kuliah lagi di jurusan IPA.

Bagaimana, sudah mantap memilih jurusan IPA? 

 

Kelebihan Mengambil Jurusan IPA di SMA Kelebihan Mengambil Jurusan IPA di SMA Reviewed by Pojok Rumahan on Juni 12, 2021 Rating: 5

26 komentar:

  1. Bener banget Kak, tapi jurusan yang lain juga punya banyak kelebihan ya Kak. Reques kelebihan mengambil jurusan yang lain juga dong kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, ditulisan lainnya ada tuh kelebihan jurusan lain

      Hapus
  2. Yg hobi IPA memang cuss ambil jurusan IPA.
    Tapii, kalo hobi IPS atau bahasa (eh, masih ada kan ya?) gapapa ambil jurusan yg disukai juga.
    semogaaaa bisa menggapai cita2 dgn baik

    BalasHapus
  3. Jadi dulu ketika saya dinyatakan gagal masuk IPA, saya sedikit sedih dan bermuram durja, wkwkwk. KArena merasa di IPS itu saya ga bisa berkembang. Qadarullah saya akhirnya bisa mengambil hikmah.

    BalasHapus
  4. Sebagai mantan anak IPA saya senyum-senyum baca ini
    Seru sih memang jadi anak IPA, peluang kerjanya juga banyak
    Eh tapi jangan salah, jadi anak IPS dan Bahasa juga sama serunya kok
    Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing
    Untuk urusan peluang karir, semua ada jalurnya sendiri

    BalasHapus
  5. Jadi inget waktu ambil kuliah dulu, jurusan IPA boleh memilih semua jurusan dan ini memudahkan diriku waktu test SMPTN dulu. Entah sekarang apa namanya test masuk pergurian tinggi negeri

    BalasHapus
  6. Sekarang namanya MIPA bukan IPA, karena anak saya kini ada di jurusan ini dah sudah kelas XI.
    Jurusan IPA dalam kurikulum 2013 disebut MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan jurusan dengan mata pelajaran peminatan terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.
    Memang banyak kelebihannya terutama bisa mengambil baik fakultas bidang studi IPA maupun IPS saat kuliah nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, disekolah anakku msh disebut jurusan IPA kak Dian
      iya kelebihannya pas mau masuk kuliah yaaa

      Hapus
  7. Padahal di jurusan IPS ada ekonomi yang juga main logika, lho. Ekonomi juga matematikanya. Tapi memang sih, porsi permainan logikanya banyak kepake banget di jurusan IPA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, jurusan IPS tetapa ada matematika ya

      Hapus
  8. Wah setuju nih saya dulu juga ambil jurusan IPA menurut saya pola pikir jadi luas karena belajar sesuatu yang kompleks jadi ketika mengambil keputusan biasanya anak IPA ga pake lama tapi tercapai tujuannya

    BalasHapus
  9. Aku jurusan IPA tapi kuliahnya lintas ke bahasa mbak. Wkwkwk.. karena merasa semua pelajaran IPA ketika nanti diambil waktu kuliah sepertinya diriku nggak mampu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih mbak malica pindah ke bahasa yaaa.asikk

      Hapus
  10. Aku anak IPA. Cungggg. Haha. Dulu ambil IPA ya karena emang bener-bener merasa keok kalo belajar ilmu2 IPS. Eh, pas akhir2 malah tertarik pengin kuliah di psikologi. Tapi akhirnya jatuhnya ke teknik juga. Wkwkwk #Labil

    BalasHapus
  11. Saya kuliah ngambil IPA mbak, emang mudah jadinya pilih jurusan hihi Saya kuliahnya bahkan jurusan IPS. cuma sekarang udah ga direkomendasikan ya kalo emang mau lintas jurusan.. Rada sulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah skrg agak susah ya lintas jurusan,baru tau

      Hapus
  12. eh kok bener semua ya mb, anak IPA memang dikira pintar semua, padahal kalo ditanya rumus kimia, matematika apalagi fisika auto puyeng dah, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lupa klo saya, rumus2 gt hahahaha.mungkin krn gak menghayati pas SMA dl

      Hapus
  13. Aku dong jurusan IPA. 🤭

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.