Melatih Anak Tunggal agar Mandiri

 

Anak tunggal identik dengan ketidakmandirian dan serba dimanja. Terutama ketika mereka dilahirkan dari keluarga berada dan jauh dari kekurangan. Tapi ternyata tak semua seperti itu. Bahkan ada beberapa orang tua yang mempunyai trik tersendiri agar anak tunggal tetap mandiri. 

melatih anak tunggal agar mandiri

 

Pemilik akun TikTok @frendibawotong atau yang akrab disapa Endi, cukup populer di kalangan penggemar aplikasi TikTok. Anak tunggal dari keluarga yang sangat sederhana ini ternyata bisa membuktikan prestasinya dengan video yang bagus bahkan banyak mendapat pujian.

Endi juga berhasil jadi contoh dengan perilakunya yang baik, jauh dari manja, meskipun anak tunggal.

Contoh pendidikan anak tunggal yang baik juga saya temukan di beberapa keluarga. Salah satunya keluarga yang cukup mapan yang membiasakan anaknya mencuci sendiri, belajar memasak, diberi tanggung jawab di rumah dan banyak hal untuk melatih life skill-nya.

Namun ada juga keluarga yang terlalu melindungi anak tunggalnya padahal sudah cukup besar usia sang anak. Mungkin masih ada beberapa kekhawatiran terhadap si anak tersebut. 

Well,  anak tunggal biasanya diidentikkan dengan sifat manja, karena perhatian orangtua terpusat kepadanya. Walau faktanya, sebenarnya anak tunggal juga memiliki banyak sifat yang positif..

Misalnya, ya mereka banyak yang berusaha keras agar tidak lagi dianggap manja bahkan karena mereka satu-satunya anak, mereka berusaha keras dengan segenap kemampuan untuk menjadi pemenang kehidupan dan membanggakan kedua orang tuanya.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN JADI ANAK TUNGGAL 

Siapa bilang jadi anak tunggal selalu merugikan. Banyak loh keuntungan jadi anak tunggal. Salah satunya adalah kasih sayang orang tua benar-benar tercurah pada si anak.

Keuntungan lain yang biasanya hadir di dunia nyata adalah si adik selalu dapat lungsuran baju/ peralatan . Nah, hal ini tak akan terjadi pada anak tunggal kan? Anak tunggal hampir selalu dapat yang baru..sebut saja baju, mainan,buku pelajaran dan lainnya. hehe.

Namun, dibalik keuntungan jadi anak tunggal, ada sedikit kerugian menjadi anak tunggal. Salah satunya adalah mereka bisa jadi kurang bergaul atau kurang dalam hal sosialisasi. Maklumlah di rumah, tak ada adik atau kakak, teman yang biasanya bisa diajak bermain bersama. 

Tidak heran, psikologi anak tunggal juga berbeda. Tiap keluarga memang punya tips keluarga sendiri untuk "mengelola" anak tunggal mereka.  

 

CARA MELATIH KEMANDIRIAN ANAK TUNGGAL

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemandirian anak.Tentu tidak bisa instan.namun, pengalaman beberapa teman, dengan konsistensi, sema terlalui dengan baik.

Biasakan Mereka Bersosialisi

Mungkin langkah termudah adalah sosialisasi dengan keluarga /saudara dekat terlebih dahulu. Ajak mereka untuk mengenal saudara ayah atau ibunya kemudian biarkan mereka mengenal dengan baik.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Marriage and Family pada 2004 menemukan fakta bahwa anak tunggal cenderung memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih rendah dibandingkan anak lain dengan usia sebayanya yang memiliki saudara kandung.

Barangkali karena mereka tidak memiliki saudara kandung di keluarga kecil tepat pertama mereka berteman. Langkah sosialisasi awal dengan keluarga besar tadi mungkin bisa dicoba maksimalkan.

Berikan Kepercayaan

Kepercayaan yang dimaksud disini adalah tidak mengekang anak berlebihan. Misalnya bergaul dengan teman sebayanya, teman sekolah dan lainnya. Biarkan mereka mempunyai pertemanan yang luas.

Berikan juga kepercayaan mereka untuk mengambil keputusan penting, misal memilih jurusan sekolah. Sepanjang tentu saja langkah tersebut positif.

Orang tua juga diharapkan jangan selalu ikut campur urusan anak tunggalnya. Meskipun mereka memang berhak tahu. Sekali lagi, biarkan anak mengambil beberapa keputusan dan jelaskan risikonya sebelumnya.

Latih Life Skill

Jangan lupa mengajari mereka untuk mandiri dan bisa beberapa life skill dasar sebut saja mencuci, memasak sederhana, berenang, mengerjakan pekerjaan buat kepentingan mereka sendiri. Ini tentu akan berguna buat mereka di masa depan. 

Ajarkan pula keahlian untuk masa depan mereka, misalnya keterampilan berbahasa asing atau musik atau hal yang tentu saja positif.

Bagaimana menurut kalian?


 

 

Melatih Anak Tunggal agar Mandiri Melatih Anak Tunggal agar Mandiri Reviewed by Pojok Rumahan on Juni 04, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.