Resep Rendang Omela , Masak Rendang Lezat Tanpa Ribet

 

Siapa yang tak mengenal rendang? Masakan yang asalnya dari Padang ini kini terkenal di seantero nusantara. Sempat disebut-sebut sebagai masakan terenak di seluruh dunia juga.




Kalau ada satu masakan yang dijamin selalu ludes di rumah kami, itu adalah rendang. Walau sedikit pedas, anak-anak sangat suka makan rendang daging atau sesekali saya buat juga rendang telur dan kentang. Bumbu rendang yang istimewa memang menambah nafsu makan.

Rendang sendiri aslinya dari Padang, Sumatera barat. Namun hampir ditemukan di seluruh pulau Sumatera dengan berbagai modifikasi resep. Bukti nyatanya adalah ketika lebaran, disamping opor ayam, rendang juga seringkali terhidang dan menjadi sajian lebaran di Sumatera. Di Jawa juga demikian.Namun mungkin  dengan sedikit variasi resep.

Makanan yang berbahan dasar daging dan santan ini memang sudah menjadi hidangan nusantara. Mungkin inilah makanan Padang yang sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Tetap ada berbagai versi resep di tiap daerah namun bahan dasarnya tetap daging sapi dengan rasa agak pedas. Walau tingkat kepedasan tentu selera masing-masing.

Misalnya rendang di pulau Jawa tak akan sepedas rendang yang kita temui di Padang langsung atau di daerah lain di Pulau Sumatera. Demikian juga hasil masakannya, ada yang telihat lebih coklat namun ada pula yang terlihat merah, karena dominan cabe dalam pembuatannya.

Rendang tentu saja sangat cocok dijadikan usaha makanan. Baik mereka yang berbisnis warung Padang atau juga bahkan warung-warung tegal (Warteg) yang juga salah satu menyajikan menu rendang.

omela krimer kental manis


Usaha makanan lain juga dilakoni ibu-ibu rumah tangga. Biasanya mereka membuka Open PO (Pre-order) untuk rendang rumahan. Usaha rendang memang mempunyai prosfek yang menjanjikan.Apalagi bila dilakukan di komplek-komplek, dengan rata-rata profesinya wanita pekerja kantoran, yang tentu tak sempat masak.

Membuat rendang memang sedikit rumit dan butuh waktu yang agak panjang. Itulah mengapa rendang bisa dikatakan makanan yang awet untuk disimpan karena proses masaknya tadi.

Namun ada juga menyukai rendang yang hangat.karena memang sangat enak dimakan dengan nasi hangat-hangat. Cara menghangatkan rendang juga tak sulit. Bisa dihangatkan dalam magic com atau dihangatkan secara manual dengan menambahkan sedikit minyak lagi. Kepraktisan inilah yang membuat banyak orang menyukai dan memiliki stok rendang untuk makanan sehari-hari.

Resep Rendang Omela

Seperti yang disebutkan diatas, rendang bisa dikategorikan slow food, bukan fast food. Memasaknya juga butuh kesabaran. Baik dalam pemilihan bahan, maupun dalam proses masaknya. Berikut akan dijelaskan lebih detail bahan pembuatan rendang.

Oh iya, pembuatan rendang kali ini tidak menggunakan santan seperti pada umumnya pembuatan rendang, tapi diganti dengan Omela krimer.

Bahan yang diperlukan

-1 kg daging rendang sapi diiris sedang (jangan terlalu tipis,jangan terlalu tebal juga)

-Daun salam, daun jeruk, sereh secukupnya

-100 gram Omela

 -900 ml air

-13 siung bawang merah

-11 siung bawang putih

-½ kg Cabe keriting

-¼ kg cabe rawit (bila suka)

 -Jahe ,lengkuas, kunyit kurang lebih 4 cm

-Daun kunyit

-Cengkeh dan kapulaga secukupnya

-Garam,gula secukupnya

-Penyedap rasa secukupnya (bila suka)

-Minyak secukupnya

Cara pembuatan Rendang Omela

-Larutkan Omela dengan air

-Haluskan bawang merah,bawang putih dan cabe. .Bisa diulek,bisa juga menggunakan blender untuk mempercepat.

-Masukkan minyak secukupnya untuk menumis.

-Masukkan larutan Omela krimer dengan air bersama daging yang sudah dipotong-potong tadi.

-Tambahkan bahan kering seperti daun salam,daun jeruk,cengkeh,kapulaga.

Sereh, jahe,lengkuas dan kunyit tidak usah dihaluskan.Cukup di geprek lalu campurkan ke masakan.

-Tambahkan garam,gula, penyedap rasa.

-Koreksi rasa dengan mencobanya

-Masak hingga daging matang sempurna dan mengelurkan sejumlah minyak. .

Tips: masak dengan api kecil saja selama kurang lebih 2,5 jam hingga mengeluarkan minyak dan kering.



Produk Omela krimer

Rendang hanya lah salah satu makanan yang sangat lezat bila ditambahkan Omela. Kalian bisa mencoba berbagai menu masakan lain juga dengan menggunakan Omela.

Omela krimer mempunyai rasa gurih dan lezat memang sangat cocok digunakan sebagai penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan favorit  lainnya.

Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

Tersedia ukur 370 gram dan 490 gram di pasar dan supermarket terdekat. Jadi jangan ragu untuk #GantiCaraMasak dengan Omela!

Semoga bermanfaat.


Resep Rendang Omela , Masak Rendang Lezat Tanpa Ribet Resep Rendang Omela , Masak Rendang Lezat Tanpa Ribet Reviewed by Pojok Rumahan on Agustus 12, 2022 Rating: 5

2 komentar:

  1. Ngiler aku En... Lama nggak makan rendang niiih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakasi beolah jua.pakai omela,sangat gampang ,hasilnya enak hehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.