(Review) Soto Apung Banjarmasin

 

Soto Apung di kawasan Kampung Biru Banjarmasin menawarkan suasana makanan khas Banjarmasin yang berbeda. Soto dan Sop Banjar disajikan hangat. harga terjangkau.

soto apung kampung biru


Soto Apung bisa dikatakan favorit buat saya. Ada 4 atau 5 kali sudah mengunjungi dan makan soto atau nasi sop Banjar di warung yang letaknya di Kampung wisata,kampung Biru Banjarmasin.

Makan soto diatas kapal dengan sensasi kapal yang goyang atau soto yang tumpah kalau ada kapal yang lewat menjadi kebahagiaan yang berbeda.

Di waktu makan siang tentu saja pengunjung agak banyak.Paling tenang makan sekitar jam 10pagi atau malah sore sekalian.

Selain pendatang yang sengaja makan di warung Apung ini,terlihat juga penduduk lokal yang suka.juga makan disini.Benar-benar merakyat.

MENU SOTO  BANJAR

Salah satu makanan khasBanjarmasin yang dikenal secara luas adalah soto Bajar. Secara umum, yang namanya soto adalah makanan berkuah. Namun soto banjar unik dan berbeda dengan soto di beberapa daerah di Indonesia.

Soto banjar berisi ketupat besar yang sudah diiris-iris, ayam suir (ayam berihit), pergedel kentang, kentang rebus, telor rebus, wortel rebus dan sejumlah soon. Biasanya setelah dikuahi akan ditabur lagi dengan daun seledri dan bawang goreng.

Soto banjar yang khas ini banyak ragamnya. Namun umumnya berkuah bening atau yang sedikit kental karena ada campuran susu. Rempahnya yang sangat kaya menjadikan soto ini sangat khas. Dimakannya wajib pakai jeruk nipis dan tambahan sambal. Plus harus panas-panas. Konon, kalau sotonya sudah kondisi dingin, kenikmatannya agak berkurang hehe.

Menu Soto Apung

Seperti disinggung diatas tadi, menu soto apung yang utama di warung sederhana ini. Namun tentu saja bagi yang tak terlalu suka ketupat bisa menggantinya dengan nasi sop. Sebenarnya sama saja. Hanya ketupat saja digantikan dengan nasi.

Keduanya kalau saya tentu saja suka. Sebagai pelengkapnya kalian bisa mita tambah potongan ayam yang besar misal paha bawah, perkedel kentang yang dicampur sedikit singkong atau sate ayam khas Banjar. Oh iya, di Banjarmasin, hampir semua warung soto Banjar menyediakan sate sebagai makanan pendampingnya.

Saya lebih menyukai nasi sop ditambah pergedel kentang  sebagai pelengkapnya tambah sate ayam juga.

Oh iya, di soto apung, harga menurut saya sangat bersahabat bila dibandingkan dengan berbagai warung soto banjar terkenal yang bisa dikatakan mematok harga dua kali lipatnya untuk seporsi soto atau nasi sop. Disini seporsi soto hanya dibandrol Rp 12.000 saja. Bila hanya memesan separo, harganya hanya Rp 10000 saja.

Sedangkan pergedel kentangnya satuannya Rp 2000. Sate ayam juga setusuk Rp 2000 saja. Minuman di kedai ini tidak terlalu beragam.Hanya ada air putih, es teh manis, teh panas dan es jeruk.

Kelebihan Soto Apung

Selain soal harga yang terjangkau dan ramah di kantong tadi, soto ini terkenal enak dikalangan pecinta soto Banjar.

Sensasi berupa pemandangan sungai dan makan dari atas kapal menjadi kelebihan tersendiri bagi pengunjugnya. Pemandangan seberang suangai berupa rumah lanting juga menjadi daya tarik tersendiri.

Yang menyenangkan lagi, kalau ada perahu atau kapal lewat, kapal tempat kita makan akan bergoyang. Hati-hati kuah soto bisa tumpah bila nggak dipegang piringnya hehehe.

Silakan yang mau kesini ya. Masih bingung juga, boleh kontak saya buat ditunjukkan lokasinya hehe

Semoga bermanfaat


Soto Apung Kampung Melayu Banjarmasin

Buka : 09:00 - 21:00 WITA

Alamat :  Jl. Kampung Melayu Laut Gang Al Amin RT 04 (Pinggir Sungai), Banjarmasin Tengah, Banjarmasin

 

(Review) Soto Apung Banjarmasin (Review) Soto Apung Banjarmasin Reviewed by Pojok Rumahan on Juni 19, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.