Aqiqah, Ragam Menu dan Tanda Syukur kepada Allah

Momen kelahiran anak selalu istimewa. Bagi umat Islam, salah satu bentuk rasa syukur dengan menyelenggarakan aqiqah. Dimana tempat memesan menu aqiqah? Aqiqah Nurul Hayat bisa  jadi pilihan.


Ketika anak pertama kami lahir 16 tahun silam, tidak terbayangkan kebahagiaan kami. Kelahirannya juga betul-betul ditunggu dan merupakan cucu pertama dari pihak keluarga saya. Sedangkan dari suami, anak perempuan saya ini merupakan cucu ketiga.

Kerewelan dan begadang tiap malam sama sekali tak mengurangi kegembiraan di rumah. Apalagi semua berkumpul. Nenek-neneknya, kakeknya sampai tante-tante dan omnya.



aqiqah nurul hayat 2022
kelahiran bayi dipenuhi rasa syukur

Momen bahagia ini tentu saja tak lepas dari campur tangan-Nya, pengatur segalanya. Untuk mensyukurinya kami mengadakan acara tasyakuran dan aqiqah buat anak pertama kami ini pada hari ke-7 kelahirannya. Saat itu, mengundang bapak-bapak tetangga untuk acara sederhana di rumah.   

Anak kedua juga demikian. Karena laki-laki, tentu dua ekor kambing yang dipotong untuk acara aqiqahannya. Acaranya juga dengan mengundang para tetangga sekitar saja. Acara diadakan habis magrib ke Isya saja. Sederhana saja karena makanan juga hanya dimasukkan dalam besek dan dibawa pulang oleh bapak-bapak yang kami undang.

Anak ketiga agak berbeda sedikit. Karena sudah dua kali mengadakan acara aqiqahan di rumah, kami memutuskan untuk membagikan saja makanan aqiqah dalam bentuk nasi boks plus sudah ada menu kambing di dalamnya.

Nasi boks kami bagikan ke tetangga satu RT saja. Kamudian ada juga yang kami kirim ke panti asuhan yang tak terlalu jauh dari rumah. Kebetulan sebelumnya sudah menanyakan ke panti berapa jumlah anak-anak di panti tersebut.

Aqiqah anak - anak kami bukan hanya sebagai perkenalan dia ke dunia tetapi lebih kepada rasa syukur kami karena diberikan kepercayaan dan karunia yang sangat besar sehingga perlu disyukuri.

Dalam Islam sendiri, aqiqah berupa pengurbanan hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah karena telah melahirkan seorang bayi. Memang hukum aqiqah ini tidak wajib tapi sunnah.

Namun beberapa pendapat ulama menyebutkan hukum aqiqah dalam agama Islam adalah sunnah muakad (sunnah yang penting). Aqiqah sendiri sebaiknya dilakukan pada hari ke-7,14 atau 21 setelah kelahiran bayi, jika memang ada rejeki dan dalam keadaan lapang.

Namun demikian, tidak ada batasan sampai kapan aqiqah bisa dilakukan. Apakah bisa melakukan aqiqah setelah umur anak lebih dari 21 hari? Apakah boleh melakukan aqiqah ketika anak sudah besar dan aqil baliq? Tentu saja bisa kapan saja melakukan aqiqah.

Ketentuan melaksanakan aqiqah, bagi anak laki-laki,aqiqah berupa dua ekor kambing. Sedangkan anak perempuan hanya 1 ekor kambing saja yang di aqiqahkan.

Oh iya, sunnahnya aqiqah ini dibebankan kepada seorang ayah atau kepada orang tuanya. Namun bila sampai dewasa belum aqiqah dan ada rejeki,bisa saja melakukan aqiqah untuk diri sendiri.

Namun bila dalam keadaan memilih dan dana yang terbatas,sebaiknya melakukan aqiqah terlebih dahulu untuk anak yang  baru lahir. Sedangkan untuk diri sendiri bisa melakukan aqiqah kapan saja ketika mendapatkan rejeki.

Menu Aqiqah Nurul Hayat

Seperti yang dijelaskan diatas, aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja, bahkan boleh saja lebih dari 21 hari setelah kelahiran bayi. Mengenai enu aqiqah tentu saja dibebaskan, yang penting hewan disembelih adalah kambing dan sudah dimasak terlebih dahulu buat dibagikan.

aqiqah nurul hayat
foto : nurul hayat

Menu aqiqah sendiri tiap daerah bisa saja berbeda-beda. Ada yang menyajikan gulai kambing,karih kambing, sop kambing,sate kambing dan banyak jenis yang lain.

Memang menu aqiqah bisa saja dimasak sendiri. Tapi agak tidak praktis, apalagi yang tak biasa memasak menu kambing. Yang tentu saja tekhnik memasaknya berbeda dengan memasak unggas biasa.

Salah satu tempat memesan menu aqiqah yang tepercaya adalah Nurul Hayat. Aqiqah keluarga Indonesia ini memenuhi sejumlah persyaratan untuk menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengaqiqahkan anak.

#Terbukti

Tempat aqiqah keluarga Indonesia ini terbukti sudah berpengalaman dan sudah  dipercaya puluhan ribu pelanggan. Membantu ibadah Aqiqah ummat lebih dari 3000 kambing setiap bulannya. dan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh Indonesia.

#Sesuai Syariat

Tentu saja hewan yang akan di aqiqahkan harus sesuai syariat Islam. Nurul Hayat menyediakan pilihan hewan, proses penyembelihan dan masak dijamin memenuhi syarat sahnya Aqiqah dan telah tersertifikasi HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)

#Bernilai Sedekah

Aqiqah Nurul Hayat Insya Allah semakin berkah karena semua keuntungan penjualan digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Jadi kita bisa beraqiqah sekaligus bernilai sedekah.

Dikenal sebagai "PELOPOR AQIQAH SIAP SAJI", sejak 2003, Aqiqah Nurul Hayat juga merupakan unit usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat. Kini, puluhan cabangnya ada di seluruh Indonesia.

Bagaimana dengan harganya? Aqiqah Nurul Hayat selain mempunyai cabang di banyak kota di Indonesia, juga mempunyai berbagai pilihan hewan dan harga yang beragam. Tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Pilihan menunya juga sangat beragam. Tersedia juga menu aqiqah plus nasi kotak. Untuk yang ingin lebih istimewa, tersedia pula varian nasi arab, beras bramanti (kebuli,briyani dan hainan).  

Untuk Sate dan gule dari Paket Aqiqah Kambing Masak per kotak isinya berupa 3 tusuk sate dan 1 cup gule.

Ayo, dalam rangka Hari Keluarga Keluarga Nasional, jangan lupa segera menyelenggarakan aqiqah di momen kelahiran bayi Anda. 

Semoga bermanfaat.

 

 


Aqiqah, Ragam Menu dan Tanda Syukur kepada Allah Aqiqah,  Ragam Menu dan Tanda Syukur kepada Allah Reviewed by Pojok Rumahan on Juni 21, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.