Cara Mencuci Pakaian Putih Agar Tetap Terlihat Baru

 

Mencuci baru putih seringkali menimbulkan keraguan tersediri.Bakalan putih bersih lagi atau malah jadi tambah kusam. Ternyata ada juga cara mencuci baju putih bahkan bila menggunakan mesin cuci. Simak juga harga mesin cuci front loading di akhir tulisan ya.


mesin cuci front loading aqua
foto : wolipop

Baru-baru ini, anak saya yang duduk di kelas 4 sekolah dasar (SD) meminta dibelikan rok seragam baru berwarna putih. Alasannya rok lamanya sudah digunakan sejak kelas 1 dan warnanya mulai kusam juga. Anak saya juga merasa roknya sudah kependekkan. Maklumlah sudah cukup lama digunakan.

Penggunakan rok putih di SD anak saya memang wajib. Paling tidak digunakan seminggu 2x, hari senin dan kamis. Mau tidak mau, idealnya punya rok putih lebih dari satu.namun karena sudah dua tahun ini sekolah online saja, saya kelupaan membelikan rok tambahan.jadilah anak saya hanya memiliki 1 rok putih saja.

Sebenarnya ada rok putih “ warisan” ketika kakaknya SD dulu.Namun karena agak kusam, akhirnya rok itu saya hibahkan. Walau sekarang sudah lupa dihibahkan ke siapa.

Baju putih memang sangat menyenangkan ketika dipandang pertama kali alias baru dibeli. Namun jangan kaget, beberapa saat setelah dipakai pastilah langsung buram dan memudar warnanya.

Itu juga yang terjadi pada rok putih yang dipakai anak saya. Ketika pertama kali dipakai, tentu saja enak dipandang karena warnanya yang putih bersih.namun pulang sekolah,bayangan tersebut langsung berubah

Roknya bukan hanya kotor karena bekas duduk sembarang tempat tapi juga ada bekas coretan pulpen, hasil bermain coret-coretan bersama teman-teman sekolah. Haduh, saya langsung hopeless.

Tapi, baca-baca google, ternyata ada cara membersihkan pakaian putih agar kebali kinclong. Penasaran kan?

Cara Mencuci Baju Putih

Cara mencuci baju putih memang harus dipelajari. Khususnya buat saya yang memang mencuci sendiri semua pakaian anggota keluarga di rumah. Baju putih memang memerlukan perlakuan khusus. Termasuk ketika mencucinya.

#Pisahkan pakaian putih dari pakaian lainnya

Yang harus dilakukan pertama kali adalah memisahkan pakaian putih dari pakaian warna lainnya. Ini tentu untuk menghindari terkena lunturan pakaian lainnya.

#Pilih detergen yang tepat

Banyak merek detergen di pasaran, pilih saja yang susuai dan cocok untuk membersihkan pakaian di rumah khususnya pakaian putih.

# Kucek dan gunakan sabun mandi batangan

Cara ini banyak di rekomendasikan para ibu-ibu yang memang sudah ahli dalam hal cuci mencuci hehe. Cari bagian yang kotor di pakaian putih tersebut kemudian mulailah di kucek dengan menggunakan sabun mandi batangan yang dijual luas di pasaran. Selain nodanya menghilang, juga terbukti pakaian lebih wangi.

# Menambahkan pemutih atau soda kue

Ini juga banyak dilakukan orang. Banyak dijual ragam pemutih di pasaran, bisa membuat pakaian lebih putih juga. Demikian pula dengan soda kue yang biasa digunakan untuk pembuatan kue, ini juga banyak direkomendasikan sebagai pemutih pada pakaian putih, atau membersihkan kembali pakaian putih yang teerkena noda.

# Merendam dengan eco enzym semalaman

.Ada yang belum mengenal eco enzym? Eco enzym merupakan enzim yang dibuat dari komposisi yang pas antara kulit buah,gula merah dan air. Kemudian didiamkan selama 3 bulan. Nah, bila sudah panen,eco enzym siap digunakan termasuk untuk membersihkan kembali pakaian putih yang terkena noda.

Bisakah pakaian putih dicuci dengan mesin cuci? Tentu bisa juga.Tapi sebaiknya, dikucek di luar terlebih dahulu baru kemudian dilakukan pencucian, pembilasan hingga pengeringan biasa di mesin cuci.  

Bagi yang menggunakan mesin cuci front loading, caranya juga tentu tak jauh berbeda untuk penanganan baju putih ini. Harga mesin cuci front loading, meskipun lebih mahal sedikit dari mesin cuci biasa namun kualitas cuciannya tentu lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.

Cara Mencuci Pakaian Putih Agar Tetap Terlihat Baru Cara Mencuci Pakaian Putih Agar Tetap Terlihat Baru Reviewed by Pojok Rumahan on September 09, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.