Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

 

Menjaga kesehatan jantung wajib hukumnya. Banyak kasus yang terjadi pada jantung diakibatkan oleh gaya hidup yang salah.

menjaga kesehatan jantung
foto : hello sehat

Gaya hidup yang dijalani kebanyakan orang saat ini, bisa dikatakan sangat berbeda dengan yang dilakukan generasi sebelumnya. Gaya hidup yang serba instan, malas gerak dan banyak kebiasaan lain yang buruk menjadi ciri tersendiri.

Salah satunya kebiasaan nongkrong dan tanpa sadar mengkonsumi gula secara berlebihan. Tentu kebiasaan ini memacu peningkatan potensi diabetes melitus (DM) atau penyakit gula darah kan?

Ada lagi kebiasaan yang dilakoni banyak orang yaitu malas berolahraga. Mereka hanya mengutamakan kerja tanpa ingat pentingnya berolahraga. Kebiasaan ini juga cepat atau lambat memicu datangnya berbagai penyakit. Salah satunya penyakit jantung.

Dikutip dari kompas.com, Data 2022 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner dan stroke menduduki peringkat pertama dan kedua penyebab kematian utama di dunia.

Jumlah kematian akibat penyakit jantung di dunia tercatat 18,6 juta orang setiap tahunnya. Akan terus meningkat dan bisa mencapai 24,2 juta orang meninggal karena penyakit jantung pada 2030 bila tak segera ditangani secara serius.

Meningkatnya penderita penyakit jantung dari waktu memang menjadi keprihatinan kita bersama. Seperti dijelaskan diatas, penyebab utamanya salah satunya adalah gaya hidup yang tidak tepat.

Gaya Hidup Tepat

Ada beberapa gaya hidup yang wajib kita lakukan bila memang ingin menjaga agar terhindar dari penyakit jantung ini.

Jangan lupakan berolahraga

Sesibuk apapun,agendakan untuk tetap berolahraga, minimal 1-2 kali dalam seminggu. Tentu kalau lebih banyak, akan lebih baik lagi. Olahraga yang teratur menjadi salah satu kunci kesehatan dan kebugaran badan. Olahraga juga membentuk dan meyehatkan otot-otot dalam tubuh. Baik otot polos, otot jantung dan jenis otot lainnya.

Setop merokok

Banyak orang yang sangat susah untuk menghentikan kebiasaan merokok. Namun dengan tekad yang kuat dan semangat sehat, semuanya semoga bisa dilalui. Barangkali untuk tahap awal sangat susah.namun siapa tau bisa mengakhiri merokok kan?

Minum teh hijau

Teh hijau dipercaya sebagai pencegah penyakit jantung. Lebih bagus dari mengkonsumsi teh biasa. Ada yang sudah mencoba mengkonsumsi teh hijau secara rutin juga?

Makanan sehat

Makanan yang datang ke hadapan kita kini makin beragam saja. Pilihlah makanan yang baik bagi tubuh. Baik dari sisi kualitas makanan, jenisnya maupun kuantitas yang sesuai kebutuhan tubuh saja. Jangan berlebihan.

Tidak obesitas

Sudah menjadi rahasia umum, obesitas pemicu berbagai penyakit termasuk jantung juga. Jangan sampai kita semua mengalami obesitas akibat tak bisa menjaga makanan yang dikonsumsi atau akibat kebiasaan mengkonsumsi gula terlalu banyak. Obesitas kadang dipicu juga oleh kebiasaan malas berolahraga dan malas bergerak.

Tidur berkualitas

Siapa yang tidak tahu kalau tidur berkualitas juga kunci hidup sehat. Termasuk untuk menghindari penyakit berbahaya seperti jantung. Jagalah kualitas tidur minimal 8 jam sehari. Kemudian, upayakan mengerti waktu tidur yang pas itu kapan yaitu malam hari. Jangan mebiasakan diri begadang walaupun itu demi pekerjaan. Begadang hanya akan menurunkan kualitas tidur saja.

Nah tentu sekarang kita sudah memahami mengapa gaya hidup yang tak tepat bisa memicu begam penyakit misalnya jantung tadi.

Yuks mulai sekarang marilah kita memulai dengan gaya hidup yang lebih baik dan berkualitas. Selain bonusnya kesehatan dan kebugaran tubuh tadi, dengan gaya hidup yang tepat sebenarnya kita juga sudah menghemat banyak uang loh. Dan tentu akan bisa digunakan untuk hal yang lebih tepat.

Semoga bermanfaat ya.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung Reviewed by Pojok Rumahan on Oktober 03, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.