Seberapa Penting Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak?

 

Banyak yang mengkursuskan anaknya bahasa inggris sejak usia dini. Apa sebenarnya manfaatnya? Seberapa penting kursus bahasa inggris bagi anak usia SD?

pentingnya kursus bahasa inggris pada anak SD
sumber foto : ef

 

Beberapa waktu lalu, anak saya yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) kelas 2 mengatakan keinginannya buat belajar bahasa asing. Katanya dia mau belajar bahasa inggris, jepang dan Korea. Waduh.tadinya saya nggak menanggapi dengan serius, tapi ternyata keinginan tersebut menjurus kearah serius.

Sempat saya cari di internet tentang belajar bahasa secara online atau kursus bahasa inggris online tetapi anak saya tidak terlalu tertarik dan serius belajar. Wah. Saya pun berencana mengkursuskan secara offline – terutama bila pandemi kelar

Btw, anak sekarang memang berbeda dengan zaman saya dulu. Hihi. Zaman saya belajar bahasa asing kalau nggak salah baru di kelas 1 SMP. Itupun mabru belajar dasar banget dan baru mengenal beberapa kota kata bahasa ingris.

Beda degan anak zaman sekrang. Maraknya media sosial, youtube dan lainnya membuat mereka sejak dini sebenarnya sudah mengenal kosa kata bahasa inggris. Belum lagi. Sedikit-sedikit, mereka belajar juga di sekolah, bahkan dari PAUD loh sudah ada materi bahasa inggris.

Benar-benar berbeda

Well, belajar bahasa asing misalnya bahasa inggris sejak dini memang penting banget. Apalagi dunia kedepannya sudah semakin terbuka. Barangkali sekat-sekat negara jadi semakin tipis. Dan anakpun sebenarnya akan jadi warga dunia. Nah tentu saja keterampilan berbahasa memegang peranan penting banget.

Mengapa Perlu Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak?

Ada beberapa alasan mengapa penting belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris buat anak

Anak Menemukan Pengalaman Baru

Apa pentingnya bahasa inggris untuk anak SD? Dengan belajar bahasa baru, anak akan mengetahui banyak hal baru yang bisa dia pelajari, misalnya bahasa. Tentu saja dia akan merasa senang karena ada pengalaman baru. Tapi sebaiknya memang dicari les bahasa inggris anak terdekat.

Anak Menemukan Wawasan Baru

Sebuah studi membuktikan bahwa menguasai dua bahasa akan meningkatkan kemampuan problem-solving dan multitasking seseorang. Mempelajari bahasa Inggris dapat membantu pikiran anak untuk melihat dari sudut pandang lain dan mengekspresikan diri mereka.

 Mereka Lebih Percaya Diri

Kemampuan berbahasa yang baik, apalagi bahasa asing akan menambah kepercayadirian anak dalam pergaulan sama teman-temannya ataupun ditengah keluarga.

Apalagi bila anak kemudian diikutkan lomba-lomba kedepannya tentu akan mendapat pengalaman baru dan memupuk percaya dirinya.

Berguna Bila Ingin Travelling dan Kuliah ke luar Negeri

Seperti yang kita bicarakan diatas, bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib sekali untuk dikuasai segala usia. Dan lebih mudah bagi anak-anak menyerap pengetahuan ini sejak dini.

Jangan salah, bahasa ini juga menjadi syarat kuliah di luar negeri. Siapa tau kan anak-anak kiat berkesempatan kuliah di luar negeri. Demikian juga bila mereka ingin travelling ke luar negeri kedepannya, ini tentu alat komunikasi yang wajib dikuasai. 

Lebih Mudah Memahami Konten Bahasa Asing

Banyak sekali saat ini konen-konten yang mneggunakan bahasa asing dan akrab dengan anak-anak.

Tentu mereka akan senang bila bisa memahami secara langsung konten tersebut sekaligus memperbaiki kemampuan berbahasa asing mereka.

Bermanfaat untuk Masa Depan

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dikuasai sebagian besar penduduk dunia. Apalagi di masa depan dunia semakin terbuka. Tentu bahasa ini bermanfaat bagi anak-anak.

 

Kedepannya ini menjadi bekal di masa mereka akan bekerja kelak. Apalagi jika kita perhatikan ikla lowongan kerja, ya rata-rata sudah mencantumkan kemampuan bahasa asing seperti bahasa inggris sebagai syarat utama.

 

Misalnya perusahaan-perusahaan lingkup nasional dan multinasional. Kemudian teknologi juga masih banyak menggunakan bahasa inggris untuk mengoperasikannya, kan?

 

Bagaimana pendapat kalian?

 

 

 

Seberapa Penting Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak? Seberapa Penting Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak? Reviewed by Pojok Rumahan on Mei 29, 2021 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.