Ketupat Kandangan Warung Kaum

Ketupat Kandangan merupakan salah makanan khas suku Banjar Kalimantan Selatan. Salah satu warung yang menjual makanan ini adalah Warung Kaum.

 

 

ketupat kandangan kaum

 

Mungkin kalau kalian berkunjung ke Banjarmasin,akan menemui salah satu makanan 'berat' yang bisa dikatakan khas Banjarmasin.

Di katakan khas karena memang berbeda dengan yang ada di daerah lain. Ya,Ketupat Kandangan berkuah santan dan berlauk ikan haruan panggang.


 

ketupat kandangan warung kaum

 

Kandangan sendiri merupakan nama satu kota di kabupaten Hulu Sungai Selatan,salah satu kabupaten yang ada di provinsi Kalsel.

Meskipun Ketupat Kandangan berasal dari kota Kandangan,namun makanan ini hampir ada di setiap pelosok Kalsel.Tentu dengan rasa yang kurang lebih sama saja.Apalagi bila yang mengolahnya memang asli dari Kandangan.

BERLAUK IKAN GABUS

Ketupat Kandangan rata-rata ditemukan di pagi hari.Sebagai menu sarapan masyarakat Banjar. Selain ketupat,sarapan masyarakat Banjar juga ada nasi kuning, lontong Banjar,lapat, pundut nasi dan tentu makanan dari daerah lain diluar Kalsel.Sebut saja pecel Madiun misalnya.

ketupat kaum banjarmasin
 

Nah,kalau kalian sudah pernah mencoba makan ketupat di daerah lain, Ketupat Kandangan ini sungguh berbeda. Apalagi bagi kalian yang biasa makan ketupat pakai rendang atau opor di hari raya atau malah yang biasa makan ketupat sayur berlauk telor tahu dan tempe. Ini tentu sangat berbeda dari sisi rasa dan tekstur ketupatnya.

Ketupatnya sendiri bukan ketupat lembek yang dimasak berjam-jam lamanya.Ini adalah ketupat yang cukup dimasak setengah jam saja di air mendidih. inilah rahasia resep ketupat Kandangan.

Ciri khas ketupat Kandangan adalah makannya pakai tangan sehingga ketupatnya mudah dihancurkan dan digabung dengan kuah santan dan lauknya tadi.

Kuahnya sendiri biasanya agak kental.Terbuat dari santan kelapa dan berbagai bumbu rempah yang sangat tercium aromanya.

Yang membedakan tentu saja lauknya. Lauk utama ketupat Kandangan adalah ikan Haruan atau ikan gabus yang dipanggang sebelum dimasukkan ke campuran santan tadi.

biasanya juga ada sate telur ikan gabus yang tentu juga menjadi rebutan para penggemar Ketupat Kandangan.

Meskipun banyak tersedia pagi hari,kini sudah banyak yang menjual Ketupat Kandangan sore dan malam hari juga.Dan penggemarnya juga banyak.

WARUNG KAUM

Seperti disebutkan diatas,tentu sangat banyak yang menjual Ketupat Kandangan di Banjarmasin.Baik yang berupa restoran atau warung kaki lima biasa.

Harga dan rasanya juga sangat beragam.Rata-rata penjualnya mengaku asli Kandangan.

Namun,ada satu warung yang setiap hari ramai pengunjung.Namanya Warung Kaum.Di Banjarmasin,cabangnya ada 2 buah di wilayah Bumimas.Satunya lagi kabarnya baru buka di wilayah Gambut,yang sudah masuk wilayah kabupaten Banjar.

Selain rasanya yang memang makyus dan pas,harganya yang ramah di kantong juga menjadi keuntungannya.

Seporsi ketupat (2biji ketupat) dan sepotong ikan haruan dibandrol dengan harga 18rb. Bila minta tambahan ketupat cukup menambah Rp 4ribu rupiah saja .

Sedangkan lauk lain seperti telor ayam bersama ketupat hanya 13ribu saja.Alternatif lain adalah lauk nya telur asin.

Pengunjung yang lumayan banyak setiap harinya membuat jam 9pagi aja bisa jadi sudah ludes. Jadi kalau niat makan disini datanglah lebih pagi,sekitar jam 7an karenanya menunya masih komplit. Kebetulan juga tempatnya dekat dengan rumah alias ketupat kandangan terdekat.

Semoga bermanfaat bagi yang ingin berwisata kuliner di Banjarmasin. Ayo ke Banjarmasin

 

Ketupat Kandangan Warung Kaum Ketupat Kandangan Warung Kaum Reviewed by Pojok Rumahan on November 04, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.