Mi Habang, Mi Khas Banjarmasin

 

Salah satu makanan Banjar yang jarang terekpos adalah mi habang. Mi dengan tekstur lembut dan tebal ini digemari banyak kalangan. Harganya juga terjangkau.

mi habang khas Banjarmasin
sumber foto : cookpad

 

Mi habang khas Banjarmasin – habang sendiri dalam bahasa Banjar artinya merah. Jadi mi habang adalah mi yang berwarna merah. Ini sebenanya di luar kebiasaan mi, yang basanya berwarna kuning atau putih.

Mi habang banyak ditemukan di seputaran Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Orang biasa mengkonsumsinya di sepanjang waktu. Bisa buat sarapan, selingan di waktu siang atau malah buat cemilan sore. Disebut cemilan karena biasanya mereka tetap makan nasi setelah mengkonsumsi mi habang juga. Seperti saya misalnya.

Mi habang enak disajikan berkuah atau tidak (mi goreng). Tapi paling enak dimakan hangat-hamhat. Soalnya topingnya jangan khawatir, karena mi ini cocok dengan toping apa saja. Yang paling umum sih ada irisan telur, ayam suir dan ceker ayam. Namun diberikan toping pangsit goreng, pangsit rebus atau malah bakso juga enak-enak saja.

Di beberapa warung di banjarmasin, mi habang disandingkan dengan buram atau lapat (beras bersantan yang dibungkus daun). Ada juga yang menyandingkannya dengan nasi kuning. Jadi mi habang sebagai pelengkap nasi kuning selain lauk utamanya berupa ikan haruan (gabus) atau telur.

Buat yang mau membeli mi habang maka akan sangat gampang di temukan di pasar-pasar tradisional di Banjarmasin. 1 kg –nya hanya sekitar Rp 9.000-Rp 12.000.

Kalau saya sih, biasa membeli ½ kg saja.Itupun sudah sangat banyak bila dimasak buat orang se-rumah hehe.

Membeli matangnya pun sangat banyak di warung-warung seputar Banjarmasin. Dnegan Rp 5000 saja, sudah sangat mengenyangkan. Apalagi bila ada irisan telur nya. Biasanya disajikan di kertas nasi atau dibungkus daun pisang.

Resep sederhana memasak mi habang

Bahan yang diperlukan adalah :

-          mi habang siap masak, telor sudah direbus, ayam rebus yang sudah disuir, ceker sudah direbus dengan bumbu dan bawang goreng secukupnya.

-          Daun sop seledri dan daun bawang

-          Sayuran misal sawi dan kol

-          Sedikit kecap,garam,gula dan penyedap (bila suka)

-          Bawang merah

-          Bawang putih

-          Merica dan pala bubuk secukupnya

-          Ulek semua bumbu

Cara memasak mi habang :

-          Cuci bersih mi habang yang sudah dibuka dari plastiknya

-          Rendam mi habang kurang lebih 30 menit

-          Bisa juga direbus sebentar bila tak ingin di rendam

-          Tumis bumbu sampai harum. Masukkan mie habang nya. Tes rasa dl dengan tambahkan garam,gula, kecap dan penyedap bila suka. Masukkan juga sayurannya.

-          Mie habang siap sajikan dengan toping retur rebus iris,ayam suwir,ceker dan lainnya. Bisa ditambahkan sambal dan perasan jeruk purut biar tambah nikmat.

Selamat mencoba

 

Mi Habang, Mi Khas Banjarmasin Mi Habang, Mi Khas Banjarmasin Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 21, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.