Membuat Urap Sayur Sendiri di Rumah

 

Urap sayur, salah satu makanan favorit saya. Terutama kalau sayurnya cocok hehe. Urap sendiri katanya sih aslinya khas Jawa.namun saya kira sih, di semua daerah sudah ditemukan. Mungkin juga namanya beda namun tetap mirip urap.

resep urap
sumber foto :resep.us

 

Urap biasanya merupakan pelengkap nasi dan lauk pauk. Rasa kelapanya yang gurih, pastilah salah satu penguat mengapa urap begitu lezat. Urap juga acap kali disajikan dalam tumpeng sebagai pelengkap tumpeng. Bahkan di beberapa daerah, urap wajib ada dalam tumpeng dan melambangkan sesuatu.

Misal kacang panjang melambangkan usia yang panjang. Touge dalam urap melambangkan kehidupan yang baru dan lainnya.

Cara pembuatan urap juga sangat sederhana. Bila kalian belum tahu apa resep bumbu urap, sebenarnya tiap daerah sih berbeda-beda dan menyesuaikan wilayahnya untuk isi sayurannya.

Oh iya sayuran dalam urap cukup direbus saja ya. Sangat praktis. Biasanya sayurnya bisa kecambah, bayam,kangkung,pare, kol, wortel, daun pepaya, daun singkong  atau mungkin daun kemangi. Pokoknya menyesuaikan kesukaan masing-masing keluarga saja.

Kalau saya hampir bisa memakan semua sayuran urap kecuali pare dan daun pepaya. Karena tidak kuat dengan rasa pahitnya saja.

Urap sayur meskipun banyak yang jual, tentu juga sangat gampang bila dibuat di rumah. Apalagi dengan membuat sendiri kita jadi tahu kebersihannya.

Cara Membuat Urap Sayur

Sayurnya : cukup direbus dengan diberi sedikit garam. Rebus hingga matang dan diangkat

Bumbu urap :

-       Siapkan kelapa yang sudah diparut

-       Ulek bumbu : bawang putih, cabe merah keriting,garam,gula jawa sedikit, kencur agak tua

-       Bila sudah terulek sempurna gabung dengan kelapa parut tadi sampai rata.

-       Tambahkan juga daun jeruk

-       Kukus bumbu urap dan daun jeruk selama kurang lebih 20 menitan.

Bila sudah matang, aduk bumbu bersama sayurannya. Atau bisa juga disajikan terpisah anatara sayuran dan bumbu kelapanya.

Karena tidak menggunakan minyak sama sekali. Urap dikategorikan makanan sehat dan banyak digunakan orang buat diet misalnya.

Pokoknya penggemar urap pasti bahagia lah karena makanan ini praktis dan mudah dibuat, nilai gizi tinggi plus bisa digunakan sebagai menu diet tadi. Kapan-kapan kita bahas menu diet ya

Selamat mencoba membuat urap rumahan ya.

 

 

Membuat Urap Sayur Sendiri di Rumah Membuat  Urap Sayur Sendiri di Rumah Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 18, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.