Kulineran di Jakarta? Ini 5 Kuliner Hits Betawi

 

Nasi uduk betawi dan semur-nya, saya kira dua yang terhits diantara banyak makanan khas Betawi. Jangan lupa mencoba ragam makanan lainnya.

nasi uduk betawi
sumber foto : kompas.com

Jakarta yang menjadi kota metropolitan cenderung meminggirkan makanan khas betawi. Apalagi dengan budaya jakarta yang sangat heterogen,hampir semua jenis makanan daerah dan dunia, ada di Jakarta.

Walau sekarang tak lagi bekerja di Jakarta dan jarang-jarang mengunjungi Jakarta, namun, entah kenapa saya selalu teringat ketika masih nge-kost di wilayah Pondok Pinang Jakarta Selatan.

Makan sore yang hampir selalu saya beli buat makan malam adalah nasi uduk Betawi dan kawan-kawannya. Biasanya yang jualan orang Betawi asli. Konon kalau yang jual bukan orang Betawi, walau resep sama tetap beda rasa.

Kata orang, beda tangan beda rasa. Hehe. Nah biasanya teman nasi uduk ini adalah goreng-gorengan panas,bihun goreng, semur aneka isi, tempe orek, kikil yang dimasak kecap juga. Jangan lupakan sambal.

Benar-benar surga kuliner saat itu. Apalagi harganya mudrah meriah. Ketika pindah di Depok, makanan Betawi masih gampang di temukan juga. Tapi kini pas tinggal di banjarmasin, semua tak bisa ditemukan lagi. Satu-satunya cara buat mengatasi kangen, ya masak sebisanya sih biasanya.

Baiklah dibawah ini, akan di list beberapa makanan khas Betawi. Siapa tau ada yang ke jakarta dan ingin berburu kuliner Betawi hits.

Nasi Uduk Betawi

Banyak nasi uduk dimana-mana. Tapi nasi uduk betawi menurut saya sangat-sangat khas. Apalagi kalau membelinya di pusat nasi uduk Kebon Kacang misalnya, wah lezat banget.

Nasi uduk betawi biasanya dibuat dengan rempah yang lumayan lengkap. Selain santai yang cukup royal, ada berbagai rempah sebut saja daun salam, sereh, lengkuah,daun pandan juga. Tentu dengan garam yang cukup juga.

Di beberapa tempat dijual dengan dibungkus daun pisang. Ini tentu menambah kenikmatan kan? Namun tanpa daun pisang pun, nasi uduk betawi sudah enak dinikmati meskipun dengan sambal kacang dan gorengan saja. Tentu taburan bawang gorengnya makyus juga.

Semur Betawi

Ini juga berbeda dengan di daerah lain. Dari sisi rasa pastinya. Semur betawi biasanya isinya macam-macam. Ada daging, telur, tempe,tahu, ayam, jengkol juga ada. Biasanya bumbunya lengkap juga.makanya rasanya lebih nendang dibanding semur-semur daerah lain.

semur betawi
sumber foto ; cookpad

 

Selain sebagai kawan nasi uduk. Semur juga bisa buat ketupat sayur betawi. Rasanya tetap enak banget bila disandingkan dengan ketupat sayur.

Soto Betawi

Soto Betawi juga makanan khas Betawi yang lumayan khas dari sisi rasa. Soto santan beisi daging, jeroan dan daun bawang ini sangat nikmat disantap pas udara dingin. Sepiring nasi bisa-bisa tak cukup. Rempah lengkap juga menjadi ciri khas soto Betawi.

Kerak telor

Ini jajanan Betawi sudah agak susah ditemui. Biasanya banyak ketika ada Pekan Raya Jakarta (PRJ), tempat wisata kayak Ragunan dan Setu Babakan.

Ini panganan yang terbuat dari beras ketan, telor bebek dan ditambah ebi. Biasanya juga ditambah kelapa parut dalam pembuatannya. Bantuknya bulat kayak pizza. Panganan yang satu ini tentu saja mengeyangkan.

Roti buaya

Bukan berasal dari buaya tentunya. Namun roti ini khas sekali dan hanya ada di Betawi.harganya juga cukup mahal karena bisanya sebagai hantaran dari pihak laki-laki menikah ke pihak perempuan. Konon roti ini juga tahan lama

Dari sekian makanan betawi diatas yang mana yang sudah kalian coba. Kalau belum, segera coba ya. Karena rasanya benar-benar tidak mengecewakan.

 

 

 

 

Kulineran di Jakarta? Ini 5 Kuliner Hits Betawi Kulineran di Jakarta? Ini 5 Kuliner Hits Betawi Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 16, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.