(Pengalaman) Mencoba Bakso Batuah Landasan Ulin

 

Bakso, panganan yang  hampir dikenal semua kalangan. Salah satu yang recommended adalah bakso Batuah yang cabangnya ada di beberapa tempat. Kami mencoba yang di landasan ulin.

 
bakso batuah
foto : dok pribadi

 

Bakso Batuah – rasanya bakso ini sudah sangat lama ada di bumi Kalimantan Selatan. Bahkan bisa dikatakan melegenda. Biasanya kita memang cenderung mencari bakso terdekat. Namun tak ada salahnya kan sesekali mencari bakso enak .

Apa kriteria bakso enak? Buat sebagian orang sih beragam ya. Di Kalsel sendiri ada berbagai jenis bakso tersedia dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Misalnya bakso Solo, bakso Bandung, bakso Wonogiri, bakso Malang dan berbagai daerah lainnya di pulau Jawa.

Bakso awalnya di Indonesia memang banyak dibuat oleh masyarakat pulau Jawa. Aslinya sendiri katanya dari negara Cina. Intinya sih kemudian bakso sudah menyebar dan bisa dikatakan makanan nasional yang ada di semua tempat. Tengok saja kaki lima, restoran hingga hotel berbintangpun ada menu bakso ini. Tentu dengan berbagai ragam  rasa jenisnya.

Ada bakso yang disajikan dengan mie dan bihun. Ada pula yang menggunakan toge dan daun bawan. Lain lagi dengan bakwan/bakso malang yang biasanya ada pangsitnya. Wah pokoknya banyak ragamnya sampai bingung bedainnya.

Di tiap daerah akhirnya juga menyesuaikan. Mungkin kalau di Kalsel, penjual bakso dari luar daerah harus menyesuaikan dengan lidah lokal yang cenderung dominan manis gurih. Maksudnya biar laku dijual dengan masyarakat lokal.

Bakso Batuah

Bulan lalu, aku dan sepupu pulang dari Banjarbaru> kami menuju arah banjarmasin tapi ingin mencari makanan yang pas di lidah dan hati dulu hehe. Akhirnya pilihan kami adalah Bakso Batuah Landasan Ulin.

Oh, iya kalau yang cabang utamanya sepertinya adalah bakso batuah di martapura. Lalu ada lagi cabangnya di Banjarbaru. Dan yang kunjungin ini di Landasan Ulin, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Disini menunya agak terbatas ya. Karena hanya bakso dan mie ayam saja. Sedangkan di cabang utama ada menu lain. Sebut saja soto dan rawon. Tapi tak mengapa, karena yang kita incar kan memang bakso nya.

Ada dua jenis bakso yang ditawarkan disini yaitu semangkok bakso kecil dan kaso besar. Kami memilih bakso besar yang berharga Rp 20K per porsinya. Sedangkan bakso kecil Rp 17K per porsinya.

Semuanya sudah dilengkapi dengan mie, bihun, sayuran dan pangsit sebagai kerupuknya. Tentu ada sambel dan jeruk nipis buat menambah kelezatan. Juga ada kecap, saos dkk nya.

Rasa? Menurut aku sih enak ya. Walau kemarin tuh lupa minta tetelan-nya. Punya tetangga soalnya penuh tetelan, tentu menambah kenikmatan kan?

Rasa kuahnya juga nendang banget. Gurihnya juga nggak berlebihan. Oh iya, walaupun baksonya besar, isinya bukan telor ya. Isinya full daging. Mungkin varian bakso telor juga ada, tapi kemarin nggak sempet tanya-tanya.

Warungnya memang tak terlalu besar, namun cukup bersih dan pelayanan ramah. Kemudian parkir mobil juga tersedia dengan cukup nyaman kok

Wah, pokoknya recommended. Ada diantara kalian yang sudah mencoba juga?

 

Bakso Batuah Landasan Ulin

Alamat : Jl. A. Yani, Landasan Ulin Tim., Kec. Liang Anggang, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70724 (depan radar bandara Sjamsudin Noor/ Sebelah restoran Wong Solo)

 

 

 

 

 

 

(Pengalaman) Mencoba Bakso Batuah Landasan Ulin (Pengalaman) Mencoba Bakso Batuah Landasan Ulin Reviewed by Pojok Rumahan on Februari 16, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.