5 Kuliner Andalan Likupang Minahasa Utara, Wajib Coba

 

Entah mengapa melihat youtube Nex Carlos belum lama ini membuat saya  makin pengen mengunjungi Likupang, Sulawesi Utara. 

 
lalampa  khas likupang
lalampa khas Likupang


Youtube-nya tentu tak berisi jalan-jalan saja seputar Likupang. Tapi karena dia food vlogger, conten-nya tentu saja soal kulineran Likupang.

Oh iya,buat yang belum tahu Likupang ini letaknya 48 km dari Manado, ibukota Sulawesi Selatan. Saya juga belum pernah kesana walaupun pengen banget.Mudah-mudahan suatu saat terkabul yes. Likupang ini merupakan salah satu dari Destinasi Super prioritas (DSP) yang diresmikan presiden Jokowi Juli 2021 lalu.

Selain Likupang, ada 4 daerah lainnya yang masuk dalam DSP ini yaitu Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo dan Mandalika.

Dari semuanya baru pernah ke Borobudur aja euy. Tapi tak apa, siapa tahu bisa ke daerah-daerah itu ya hehe.

Likupang sendiri kalau soal keindahan alamnya, ya jangan diragukan lagi. Pantai nya, bukit sampai pulaunya mempesona. Tak salah sih ,kalau banyak yang menjulukinya Hidden paradise from North Sulawesi. Keren ya.

Oke kali ini kita ngomongin kuliner Likupang dulu.

Kuliner Likupang sebenarnya tak beda jauh dengan kuliner lain di Sulawesi Utara. Rata-rata semua makanan berbasis ikan laut.maklumlah wilayahnya dekat dengan Laut.jadi ikan laut banyak dong ya.

Baiklah, dibawah ini akan kita bahasa beberapa kuliner Likupang. InshaAllah suatu hari kita semua bisa mencicipinya langsung di Likupang. Sambil travelling ke tempat-tempat wisata Likupang tentunya.

Bubur Tinutuan

Orang banyak menyebut juga bubur yang satu ini sebagai bubur manado. Kalau kalian penggemar bubur, tentu tahu, kalau di setiap daerah tuh buburnya khas ya. Termasuk di Likupang. Bubur Tinutuan adalah bubur yang terbuat dari beras dan berbagai sayuran segar yang dicampur jadi satu tentunya. Biasanya ada labunya juga sehingga dominan warna kuningnya.

Nah sebagai topingnya biasanya adalah ikan cakalang dan cacahan daging sapi. Kebayang kan enaknya bubur yang satu ini?

Panada

panada khas likupang
Panada (foto :tribunnews)


 

Ini mirip banget dengan kue pastel yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Khususnya dari bentuknya.. Hanya saja isiannya berbeda.Kalau biasanya sayuran dan ayam suwir, nah panada ini isiannya lagi-lagi ikan cakalang. Jadi semacam abon ikan cakalang/suwiran ikan cakalang yang sudah dibumbu pastinya. Enak banget apalagi kalau dimakan hangat ya?

Pisang Goroho dan Sambal Roa

Ini tentu saja tak bisa dilupakan. Sangat-sangat khas. Sebenarnya sih ini adalah pisang goroho mengkal yang goreng agak kering 9hampir kayak keripik pisang ya, tapi agak tebel). Cuma bedanya makannya bukan dnegan cocolan manis tapi pedes. Ya pasangannya adalah sambal Roa. Wuih bikin penasaran banget!

Lalampa

Ini bikin penasaran banget. Apalagi saya penggemar makanan dari ketan. Ini sejenis lemper kalau di daerah lain. Cuma bedanya isiannya dong. Disini isiannya abon ikan cakalang yang sudah berbumbu. Enak banget pastinya nih.

 Berbagai olahan ikan

Banyak sekali olahan ikan di Likupang. Misalnya saja cakalang fufu. Dari namanya saja sudah ketahuan ya dari ikan cakalang.  Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang dibelah jadi dua kemudian dilumuri bumbu dan diasap empat jam. Kalau mengkonsumsinya tinggal digoreng sebentar saja.

Tentu saja di Likupang tak sekedar ikan cakalang. Banyak ikan laut lainnya. Mau dimasak berbagai jenis masakan tentu saja enak. Misalnya dibakar dan dimakan dengan sambal dabu-dabu. Lalu ada juga dimasak rica yang lumayan pedas. Enak dimakan dengan nasi hangat.

Selain berbagai menu diatas, banyak lagi makanan lain yang menggoda. Buat penggemar ikan laut disini tentu surganya ya. Misalnya nasi kuning khas Ckalang yang disajikan juga dnegan ikan Cakalang.

Demikian rekomendasi 5 kuliner Likupang ya. Kalau ke Likupang jangan lupa cicipin semuanya ya. Mencarinya juga nggak susah, mulai pinggir jalan sampai di area wisata kayak pantai Paal pasti tersedia.

Selamat kulineran.

5 Kuliner Andalan Likupang Minahasa Utara, Wajib Coba 5 Kuliner Andalan Likupang  Minahasa Utara, Wajib Coba Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 08, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.