Resep Sambal Nanas Khas Palembang

 

Sambal nanas sangat gampang dibuat. Campuran rasa pedas dan asam manis menjadi poin utama dari sambal ini. Yuk simak cara pembuatannya.

  

sambal nanas khas palembang



Ada yang pernah nyobain sambal nanas atau nenas? Ini sambal khas daripulau Sumatera khususnya Palembang.  Meskipun saya bukan asli pulau Sumatera tapi berhubung suami orang Sumatera, maka jenis-jenis sambal mangga, sambal duren/tempoyak atau sambal nanas ini seringkali tersaji di rumah mertua. Dari yang awalnya biasa, lama-lama bisa jatuh cinta karena memang cita rasanya yang khas.

Sambal nanas sendiri sebenarnya sambal goreng biasa saja. Namun dengan tambahan nanas matang sempurna , membuat sambal ini rasanya berbeda dengan sambal goreng yang bisa-biasa saja.

Tentu sambal ini enak sekali disandingkan dengan berbagai lauk. Sebut saja ikan bakar,ayam bakar atau ikan goreng sekalipun juga enak. Apalagi ditambah nasi panas/hangat, dijamin siapapun yang menikmatinya akan nambah nasi berkali-kali hehe.

Soal kepedasannya sendiri, bisa menyesuaikan dengan kondisi di rumah masing-masing. Apakah suka yang sangat pedas atau pedas yang ringan saja. Tinggal di sesuaikan saja.

Simak yuks cara pembuatannya yang sangat sederhana, dan barangkali hanya butuh waktu 15 menit saja sudah akan selesai pembuatannya.

Bahan-bahan

resep sambal nanas

 

 

Nanas matang dibagi 2 (nanas ukuran kecil tak masalah) kemudian potong dadu kecil-kecil

Cabe keriting 10

Cabe rawit 5

Sedikit terasi

Bawang merah 4

Bawang putih 3

Garam dan gula secukupnya (bisa juga gula aren sedikit)

Penyedamp rasa (bila suka)

 

Cara pembuatannya

-       Semua bahan diulek kecuali nanas

-       Panaskan minyak di wajan secukupnya

-       Masukkan bahan ulekan dan goreng sebentar

-       Tambahkan nanas potong dadu

-       Aduk rata semuanya

-       Cek rasa,garam dan gulanya. Tambahkan penyedap rasa.

-       Sambal nanas siap dihidangkan

 

Mudah bukan, yuks membuat sambal nanas juga. Apalagi bila sedang musim nanas seperti sekarang. Sambal ini karena digoreng juga awet selama beberapa hari tanpa dimasukkan di kulkas kok. Bila ingin tahan lama, bisa dimasukkan di kulkas sisanya.

Selamat mencoba

Resep Sambal Nanas Khas Palembang Resep Sambal Nanas Khas Palembang Reviewed by Pojok Rumahan on Juni 09, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.