3 Cara Membiasakan Anak Berpuasa dan Mencontohkan Kebaikan

anak berpuasa
ilustrasi anak berpuasa (sumber foto : halodoc)

Anak yang rewel pengen buka puasa sebelum waktunya, memang sudah biasa. Orang tua harus punya cara jitu menaklukkannya.


Jangan dikira anak SD kelas rendah saja yang merengek minta buka puasa dipercepat dan mengaku tidak kuat puasa.

 Anak bungsuku yang duduk di kelas 5 SD ternyata juga tak jauh berbeda kelakuannya dengan tahun-tahun sebelumnya. kalau lagi " kumat" dan lelah, pasti senjatanya mengaku tak kuat berpuasa dan minta buka puasa aja !

Bahkan, ketika mamahnya kedatangan tamu bulanan, jangan coba-coba makan dan minum di depan si bungsu. Auto ikutan buka puasa juga. Akhirnya tak ada cara lain kalau memang lagi nggak puasa, ya makan diam-diam saja di dapur. Terpaksa juga makan karena memang tak ikutan makan sahur !

Jujur sih, sejak kecil, kami sudah membiasakan 3 anak kami berpuasa. Si Kakak dan anak tengah tentu saja tak repot-repot lagi soal puasa. karena sudah besar. 

Paling-paling mengingatkan mereka untuk banyak-banyak baca al Quran selama bulan Ramadan dan tidak scroll medsos aja menghabiskan hari-hari di bulan Ramadan. Kadang dengan yang lebih besar juga membuat rencana bersama.Misalnya keliling-keliling membagikan takjil di jalanan.Hitung-hitung mengajari mereka berbuat kebaikan.

Tinggal si bungsu ini yang masih didorong-dorong untuk istiqomah berpuasa. Tak apa, itu memang tugas orang tua kan? hehehe. kadang berpikir, kelak mungkin juga bakalan kangen kalau anak sudah besar dan tak perlu lagi repot disuruh-suruh berpuasa dan melakukan banyak kebaikan lainnya. Semoga ya.

Cara Jitu Membiasakan Anak Berpuasa   

Membiasakan anak-anak berpuasa memang sebaiknya sesuai usianya. Ponakan saya yang duduk di kelas 1 SD tentu harus diperlakukan berbeda dengan anak aku yang sudah duduk di kelas 5 SD dalam pembiasaan berpuasa.

Ponakan yang duduk di kelas 1 SD, kadang ngiler melihat dan makanan yang tersedia di meja makan padahal waktu berbuka tinggal 1-2 jam lagi. Akhirnya memaksa buat buka puasa walau sebentar lagi waktunya berbuka puasa.

untuk anak yang belum 7 tahun ini, adikku tidak terlalu memaksakan ke anaknya uat berpuasa. alhamdulillah rata-rata masih tahan puasa sampai sore. Walau reward-nya memang lumanay buat anak-anak : Rp 10.000 per harinya.

Beda lagi dengan si bungsuku yang sudah duduk di kelas 5 SD. Kami hampir tidak memberi celah untuk tak sanggup berpuasa. kecuali dalam keadaan yang sangat darurat seperti sakit atau dalam perjalanan ketika mudik misalnya.

Sakitpun masih kami lihat-lihat dulu sampai akhirnya diputuskan harus boleh buka puasa atau tidak.

Dalam perjalanan juga demikian. Bila memang perjalanan terlalu jauh, kami memutuskan untuk membolehkan saja anak-anak berbuka.tentu anak yang sudah besar dan sudah aqil baliq, wajib mengganti puasa tentunya.

Namun secara umum, ada beberapa cara dalam membiasakan anak berpuasa versi aku :

Pahami usia , kebutuhan dan psikologi anak
Orang tua sangat perlu untuk memahami tentang anak-anaknya.Jangan memaksakan puasa ke anak yang memang belum saatnya berpuasa penuh.

memang membiasakan merupakan hal positif.Namun tetap harus dipertimbangkan soal usia anak,kemampuan anak dan psikologi anak.jangan sampai anak tidak merasa enjoy berpuasa dan terbebani berlebihan. 

Sedikit beri pencerahan soal makna puasa sesuai usia
Tidak ada salahnya menceritakan soal pengalaman orang tua berpuasa di masa lalu. Atau bertukar cerita tentang makna puasa yang dipahami anak. Orang tua bisa memasukkan nilai-nilai moral ketika anak diwajibkan berpuasa oleh agama Islam.

Sediakan waktu lebih untuk berdialog dan mendampingi puasa anak
Wajib banget sediakan waktu>menemani mereka di saat lapar dan menghibur dan meyakinkan mereka bahwa waktu magrib pasti akan tiba. 
Anak juga diberi banyak motivasi. Reward boleh-boleh saja tapi kalaupun tak memberi reward juga tak masalah. Apalagi pada akhirnya anak harus mengerti puasa adalah memang kewajiban setiap muslim.

Nah, itu versi di keluarga kami.Bagaimana dengan keluarga kalian, kapankah anak dirasa perlu buat wajib berpuasa? Komen ya.

Semoga  bermanfaat.



. 
3 Cara Membiasakan Anak Berpuasa dan Mencontohkan Kebaikan 3 Cara Membiasakan Anak Berpuasa dan Mencontohkan Kebaikan Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 22, 2024 Rating: 5

1 komentar:

  1. Setuju mba. Anak2ku juga aku latih puasa sejak TK. Pastinya dulu bertahap. Sampe jam 9 dulu, trus jam 10, jam 12, sampai akhirnya kuat full. Aku yg pasti mau biasain anak2' puasa sedari dini

    Krn setelah dewasa hal ini makin susah nantinya.

    Aku ada teman di kantor, laki2, muslim, tapi ga pernah puasa. Alasannya Krn pas kecil ga diajarin juga. Trus skr udh gede gini, anaknya udh ga tertarik, dia bilang ntr aja kalo dah tua baru tobat .. astaghfirullah... Kayak bakal panjang aja usia.

    Aku ga pengen anakku begitu. Jadi seberat apapun awalnya, dia harus bisa pelan2 terbiasa untuk berpuasa. Walopun di awal pake reward, gapapa, yg penting keinginan puasanya udh ada.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.