3 Cara Menjaga Kesehatan di Ramadan


sehat di ramadan


Bulan Ramadan bukan berarti mager . Kesehatan tetap harus dijaga.Ini tiga caraku menjaga kesehatan di bulan Ramadan.

Menjaga kesehatan tubuh dan kulit di bulan Ramadan bisa dikatakan menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri. Apalagi dengan beragam kesibukan Ramadan yang kadang-kadang tidak bisa kita prediksi.Walaupun kita semua sudah menjalani Ramadan di tahun-tahun yang lalu tapi ya tetap saja terasa ada yang baru.



jaga kesehatan bulan ramadan


Menjaga kesehatan di Ramadan, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Juur, aku termasuk yang rutin berolahraga. Aktivitas yang sebenarnya sudah aku jalani sejak lama juga. Walaupun olahraganya sederhana saja yaitu jogging di pagi hari.

Biasanya aktivitas ini aku lakukan sekitar 30 menit sampai 60 menitan setiap harinya. Kalau lagi bagus moodnya bisa dilakukan setiap hari.

Namun bila moodnya sedang buruk atau ada kesibukan di luar prediksi, biasanya akan dilakukan 4x seminggu.

Intinya aktivitas ini sudah dilakukan secara teratur di bulan-bulan di luar Ramadan. Namun tetap jadi PR tersendiri ketika memasuki bulan Ramadan.

Demikian pula dengan aktivitas merawat kulit. Rangkaian skincare rutin ya seperti biasa tetap harus dilakukan walaupun bulan ramadan.Namun kadang-kadang, di bulan ramadan karena padatnya aktivitas, hal-hal kecil ini terlupakan.

Padahal udara dan cuaca yang bisa dibilang panas di daerahku,bisa memicu perubahan kondisi kulit.Misalnya kulit rawan menjadi kering dan terlihat kusam. Tentu sangat disayangkan bila hal terjadi. Apalagi penyebabnya hanya karena kita abai di bulan Ramadan.

MENJAGA KESEHATAN TUBUH DAN KULIT DI RAMADAN

Buat aku. tentu menjaga kesehatan tubuh dan kulit selama Ramadan sangat penting.dan berpengaruh ke mood hidup sehari-hari juga. Bila abai sedikit saja, akan mempengaruhi mood dan aktivitas sehari penuh.

Jangan sampai mood buruk akhirnya menjalar kemana-mana.Misalnya jadi malas beribadah atau mager melakukan kerjaan ritin dan aktivitas rumah lainnya.

Berikut aku list 3 caraku dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadan.

* Tetap Berolahraga secara rutin

Untuk hal ini aku merasa sangat bersyukur karena bisa tetap berolahraga, walaupun tidak se-sering yang aku lakukan di bulan-bulan sebelum Ramadan.

Olahraga jalan pagi di pagi hari tetap aku lakukan.Kalau orang lain banyak yang menghabiskan setelah subuh dengan tidur kembali sembari nunggu aktivitas siang, nah, aku menggunakan kesempatan ini buat berolahraga ringan.

jalan pagi dan jalan cepat tetap aku lakukan, dengan durasi waktu maksimal 30 menit saja. Kalau lebih dari itu, aku takut terlalu lelah dan ujung-ujungnya haus/ kekurangan cairan tubuh.

* Menjaga Pola Makan tak Berlebihan

Hal kedua yang aku lakukan adalah menjaga pola makan agartak berlebihan. banyak orang-orang yang mengkonsumsi makanan manis dan makan dalam porsi banyak ketika berbuka, dengan alasan biar tubuh kuat kembali.

Nah aku sebaliknya. Makan dengan porsi yang benar-benar secukupnya saja. Sebisa mungkin porsi makanan juga seimbang dan bergizi. Memperbanyak minum air putih juga masuk dalam list ku. Aku juga menyukai makanan khas Ramadan yang tersedia hampir di setiap rumah yaitu kurma.

Kurma, buatku cukup membnatu menjaga kesehatan khususnya buat aku yang sering terkena anemia dan kepala pusing.Alhamdulillah, kurma sangat membantu.

* Perhatikan Kondisi Kulit

Selain tubuh, kulit juga harus mendapat perhatian walaupun dalam kondisi berpuasa. Seperti aku ceritakan diatas, wilayah kami tergolong daerah dengan cuaca panas sehingga jangan pernah skip sunscreen, apalagi bila keluar rumah.

Sedangkan bila beraktivitas di rumah, rangkaian skincare standar tetap aku lakukan. Misalnya menggunakan serum pada malam hari. Yang paling aku tidak pernah skip juga adalah menggunakan hand body lotion. Bukan apa-apa, abai sedikit saja, kulitku akan gampang sekali kering dan seperti tidak terhidrasi.

Nah, bagaimana dengan kalian, apa yang telat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit selama bulan Ramadan ini? Selamat berpuasa ya 

semoga bermanfaat.

    



   



 

3 Cara Menjaga Kesehatan di Ramadan 3 Cara Menjaga Kesehatan di Ramadan Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 21, 2024 Rating: 5

2 komentar:

  1. Kalonskincare aku ga mungkin lupa mba, saking udh didisplinin ama mama sejak SMP🤣. Jadi berasa bgt ga enak di kulit kalo sampe skip. Secapek dan semalam apapun aku sampe rumah, mandi dan ritual skincare itu wajib.

    Apalagi puasa gini. Harus dijaga juga konsumsi air putih jgn sampe berkurang supaya kulit ttp lembab.

    Olahraga pun kalo udh terbiasa pasti susah utk skip. Krn badan sendiri yg ngerasain ga enaknya. Ga bisa dipungkiri sesekali aku pasti bad mood. Palingan kalonsedang bad mood, olahraga beban yg biasa aku lakuin aku ubah jadi treadmill, atau wall pilates. Yg kebanyakan memang berbaring. Jd ttp ada workout di jadwal biasa 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dah bbrp hari nih skip olga tapi dah berasa nggak enak juga. memang hrs tetap bergerak hehe.Iya kalau dah terbiasa agak susah untuk "berpaling "hihi walau puasa2. Betul, skin care dan asuran air putih wajib banget hukumnya, kalau mau kulit tetap sehat.makasih ka fanny

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.