4 Tips Menyiapkan Menu Ramadan

Rendang menu favorit
Rendang,menu favorit di rumah (foto : cookpad)


Menyiapkan menu Ramadan tentu jadi PR tersendiri.Tapi bisa ikuti beberapa tips berikut.


Menu apa yang sering disiapkan buat anak-anak di bulan Ramadan? Sebenarnya yang lebih praktis, ya beli saja. Atau go food-an aja, Mungkin begitu pemikiran sebagian emak-emak masa kini.

Tapi, kita semua tahu, beli memang sangat praktis. Namun sebaiknya ya jangan tiap hari, karena kita nggak pernah tahu kesegeran bahan yang digunakan. kemudian juga penggunaan bahan makanana seperti MSG yang bisa jadi berlebihan, kan? Duh, apalagi yang punya anak masih kecil-kecil, rasanya kasian aja kalau anak-anak dijejali makanan penuh MSG terlalu banyak,iya kan?

Tapi itu tentu saja juga nggak salah, semua soal pilihan saja.

Selain faktor kesegeran makanan tadi , faktor biaya juga berpengaruh tentunya. jajan terus di luar terus-terusan tentu saja sangat berpengaruh kepada pengeluaran rumah tangga. Kecuali memang uang berlebih banget ya. Boleh juga barangkali.

So, memasak sendiri juga berarti memastikan makanan dari bahan yang segar dan tentu dalam rangka pengaturan keuangan juga.

Rendang, Menu favorit 

harus diakui menu favorit anak-anak di rumahku ya tetap rendang sih, yang aslinya masakan asli dari Padang. cuma karena sudah ditangan orang non Padang, rendang-nya menyesuaikan ,apalagi dari sisi kepedasan tentunya.

untuk sahur pertama kemarin, menu padang yang satu ini jadi andalan banget. Selain daging dipercaya, akan menguatkan anak-anak yang berpuasa, mereka juga sangat semangat makan bila menunya Rendang daging.

Jadilah saya memasak Rendang buat sahur pertama dan buka puasa hari pertama. Karena hanya menggunakan 1/2 kg daging sapi saja, saya menambahkan telor rebus juga dalam masakan ini.

Telor yang saya gunakan enak buah telor yang sudah direbus dan siap digunakan.

Bahan-bahan pembuatan Rendangnya tentu sudah sangat umum. Aku sih menggunakan bumbu rendang instan yang kemudian saya tambah bahan-bahan lain. Antara lain cabe, bawang merah dan bawang putih yang diblender. tentu cabe keriting yang digunakan menyesuaikan tingkat kepedesan buat anak-anak di rumah.

Kemudian tambahannya seperti biasalah. Seperti santan kelapa dan bisa juga ditambah daun kunyit (bila suka).Tambahan lainnya garam dan sedikit penyedap , bila suka juga. Gabungan Rendang daging dan telor ini alhamdulillah cukup banget buat seisi rumah dan tentu disukai anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Tips Menyiapkan Menu Ramadan

* Variasikan menu
Biar tak bosan variasikan menu setiap hari .Khususnya menu buat buka puasa.Jangan terlalu berlebihan dan mubazir, secukupnya saja. Terkadang kita bernafsu untuk membuat menu secara berlebihan dan dalam jumlah banyak, tapi ujung-ujungnya malah tak habis juga.

Nah upayakan menu yang cukup tapi bervariasi setiap harinya sehingga tidak membosankan.Khususnya buat anak-anak di rumah.


* Pikirkan tentang Selera Orang Rumah
Kalau buat aku ini merupakan salah satu poin penting juga.Karena memang ya akan sia-sia menyediakan menu yang tidak disukai anggota keluarga khususnya anak-anak. Kebetulan anak tengah kami, bisa dikatakan, bisa makan apa saja.kecuali menu yang bisa membuatnya alergi misalnya udang dan cumi.

Sedangkan anak bungsu agak lebih pemilih soal menu berat. Paling suka ayam dan telur.Tapi masih bisa menu seperti tahu tempe dan beberapa jenis sayuran. Hal-hal seperti ini juga menjadi pertimbangan.


* Menu Hemat Budget tapi Berkualitas
Ini versi aku tentunya ya. Mengusahakan untuk membuat menu yang hemat budget saja tapi tetap berkualitas. Kualitas dalam artian ragamnya yang mencukup dan tentu dari aspek lain, utamanya kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah

Pastikan Memenuhi Standar Gizi Keluarga
Gizi keluarga menjadi salah satu faktor penting dalam pesiapan menu.baik ketika buka puasa apalagi ketika makan sahur. Jujur sih, kalau sayur,jarang saya sajikan ketika sahur, karena anak-anak lebih menyukai menu yang kering-kering. tetapi tetap diupayakan agar menunya membuat anak-anak dan anggota keluarga lain kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

Sedangkan untuk buka puasa, jauh lebih gampang dalam pengaturan menu termasuk memasukkan sayur-sayuran dalam daftar menunya.

Bagaimana dengan menu Ramadan kalian?

Semoga bermanfaat. 





   
4 Tips Menyiapkan Menu Ramadan 4 Tips Menyiapkan Menu Ramadan Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 20, 2024 Rating: 5

2 komentar:

  1. Aku tuh biasanya memang masak mba kalo bukan ramadhan . Tp memang selama puasa, udh bilang suami sebulan ini nyetok frozen dan gofood aja 😅. Kayak ayam ungkep, tekwan, rendang frozen, dll. Soalnya masak di saat puasa jujurnya aku ga jago, krn ga bisa ngerasain tadi. Yg ada makanan selalu keasinan atau gambar 🤣. Makanya cuma pas puasa ini aja aku minta gofood tiap hari atau beli frozen 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya bgt, sering keasinan atau rasa nggak jelas.aku juga demikian.sama nih aku juga suka nyetok yg gampag,kayak ayam ungkep,nuggetan2an gt.makasih ka fanny

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.