Ramadan, Bulan Penuh Pengharapan

Ramadan
foto : Tribun Trends

 

Siapa yang tak bahagia menyambut bulan Ramadan,bulan penuh keberkahan?


Aku rasa sih nggak ada ya. Muslim dimanapun pastilah sangat bahagia, entah bagaimana ntar ibadah yang bakal dia lakukan atau mengisi Ramadan dengan cara apa, tetap saja kebahagiaan menyelimuti !

Begitu pula dengan keluarga kecil saya. 

Dalam serumah ini ada lima orang anggota keluarga sih.Selain ibuku, ada suami dan dua anak yang berpuasa bersama. Sedangkan si kakak, tidak berpuasa bersama karena kuliahnya di Surabaya nggak libur juga. Tak masalah.Yang penting semangat bulan puasanya kan terasa dimanapun berada.

Persiapan kami cukup heboh sih. Antara lain menyiapkan menu saur pertama, besok deh aku ceritakan apa menu saurnya.

Tapi yang paling seru tuh kehebohan ke mesjidnya untuk tarawih di malam pertama Ramadan. kalau hari-hari selanjutnya mepet Isya, di malam pertama ini, kami berangkat agak cepat. Bukan apa-apa, sudah rahasia umum,kalau malam pertama puasa tuh pasti rame banget yang tarawih.

Eh bener aja.Kami udah nggak kebagian di antai utama alias lantai bawah mesjid.ya Akhirnya, aku dan si bungsu, naik ke lantai 2 buat sholat tarawihnya.

Oh iya, tarawih di mesjid Nurul Ibadah, mesjid kampungku sini, jumlah rakataatnya tuh 23 rakaat.Jadi 20 nya sholat tarawih dan 3 nya lagi sholat witir.

Meskipun biasanya setelah 8 rakaat ya banyak juga yang stop tarawih dan pulang. Witirnya mereka pastinya lanjut di rumah saja.

Kalau aku terus terang menikmati tarawih yang panjang ini apalagi sholatnya aslinya nggak lama-lama juga.Hanya surah-surah pendek aja. Jadi ya bisa dibilang santai-santai aja hehe

Ramadan Bulan Pengharapan

Seminggu menjalani Ramadan , sudah memasuki hari ke-8, semoga dilancarkan.

Jujur sih,aku begitu semangat menyongsong Ramadan kali ini. Ramadan menjadi bulan pengharapan akan doa-doa yang telah dan akan dipanjatkan.

Rasa-rasanya di Ramadan lah harapan terbesar dimana langit menyambut banyak doa-doa baik kita semua.Doa buat diri sendiri, buat keluarga bahkan doa buat banyak orang yang tak lupa dipanjatkan/

Ramadan juga menjadi titik start  buat memperbanyak lagi ibadah. Yang mungkin selama ini banyak terabaikan oleh berbagai kesibukan duniawi.Ya inilah saat yang tepat memperbanyak ibadah yang memang terlihat ritual belaka, namun seungguhnya sarana mendekatkan diri pada-Nya tak pernah sia-sia hasilnya.

Apa yang bisa dilakukan. Kalau aku sendiri, ada berbagai cara sih. Ini beberapa diantaranya

* Sholat wajib tepat waktu
Mengupayakan buat sholat wajib lebih tepat waktu. Biasanya suka melambat-lambatkan dengan alasan kesibukan, maka di Ramadan diusahakan itu tak akan terjadi lagi.

* Sholat Tarawih dan Witir di mesjid
Ini juga diupayakan banget.jangan sampai rajin di awal lalu malas-malasan di akhirnya. Semoga.Apalagi banyak hikmah dengan sholat di mesjid,Selain lebih khusu juga ajang silaturahmi dengan para tetangga dan warga yang biasanya jarang-jarang ketemu.

* Ikut kajian keagamaan
Selain kadang nonton di channel youtube yang diisi ustad-ustad kondang, berharap bisa rutin juga ikut kajian di mesjid deket rumah.
Biasanya disini dilaksanakan setelah sholat subuh dan yang terbesar-- diisi oleh ulama besar-- ketika Kamis subuh. InshaAllah ikut rutin juga.

* Melaksanakan ibadah sunnah lain
Misalnya sholat rawatib dan sholat sunnah lain lebih teratur. Walau agak sulit tapi mari kita upayakan ya hehe

* Memperbanyak membaca al Quran 
Ini masuk list utama banget buat aku.Kalau bisa khatam minimal 1x dalam sebulan Ramadan.Kalau bisa lebih dari 1x lebih baik lagi. Kalaupun nggak khatam, paling tidak tetap rutin membaca al Quran. Kalaupun lagi halangan, please tetap dengerin murrotal, agak tak kehilangan koneksi dengan al Quran !!  Semoga.

* Memperbanyakan kebaikan lain
Apapun bentuknya.Baik sedekah sebisanya hingga kebaikan-kebaikan kecil yang bermanfaat bagi sesama, iya kan?

Itu sih , wish list aku.Kalau kalian seperti apa? komen ya nanti .

Semoga bermanfaat. 

 .



 
 : 





 

Ramadan, Bulan Penuh Pengharapan  Ramadan, Bulan Penuh Pengharapan Reviewed by Pojok Rumahan on Maret 19, 2024 Rating: 5

2 komentar:

  1. Aku tuh kadang heran kenapa hanya di ramadhan bisa khatam alquran. Sementara di luar ramadhan kayaknya baca 1 juz aja lamaaa bgt selesai 😅. Tapi mungkin krn ramadhan ini semangat utk beribadah memang lebih gede drpd bulan lainnya sih. Vibe nya beda. Makanya aku juga lbh rajin dan sering achieve target ibadah pas ramadhan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku bgt ini kak fanny,di luar ramadan tiba2 mager melanda lagi wkwk.ternyata aku gak sendiri ya hihi.iya mumpung ramadan ,kita kuatkan niat buat beribadah yang terbaik, semoga. makasih ka dah baca artikelnya

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.