Jangan Minder Dulu, Ini Keuntungan Mengambil Jurusan IPS Ketika SMA

 

Pernah nggak sih kamu ngalamin kebimbangan saat mengambil jurusan waktu SMA? Apalagi setelah memutuskan untuk mengambil jurusan IPS, pasti banyak muncul komentar sumbing yang membuat makin dilema.

 

keuntungan mengambil jurusan IPS
sumber foto :osc medcom


Padahal tahukah kamu, mengambil jurusan IPA atau IPS sama saja keuntungannya. Hanya saja karena selama ini stigma masyarakat yang terlanjur buruk tentang jurusan IPS, maka banyak yang merasa minder ketika masuk jurusan yang dianggap tidak elit tersebut. 

Setahun yang lalu, anak saya sama sekali nggak bimbang ketika memilih jurusan di SMA -nya. Mengapa? karena saya memang sama sekali membebaskan mau mengambil jurusan apa. Kami sebagai orang tua juga tidak pernah ikut membantu memutuskan. Hanya, sedikit memberi pandangan, kedepannya mau kemana.

Anak kamipun memilih jurusan IPS. Dengan pertimbangan dia merasa memiliki kemampuan menghapal baik dan kurang menyukai mata pelajaran IPA dan kawan-kawannya. Oke, kamipun support saja dengan perjanjian, bertanggungjawab dengan pilihannya dan wajib tekun apapun pilihan   jurusannya.

Pelajaran apa di Jurusan IPS SMA?

Kalau ada yang bertanya, pelajaran apa di jurusan IPS di SMA, ternyata ada beberapa pelajaran wajib. yaitu sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, antropologo dan akuntansi. Pada beberapa sekolah akuntansi menjadi bagian dari pelajaran ekonomi.

kemudain mata pelajaran seperti matematika dan bahasa asing seperti Inggris tentu saja tetap ada di mata pelajaran jurusan IPS di SMA. Jangan dikira bila mengambil jurusan IPS, pelajaran matematika hilang ya...


KELEBIHAN MENGAMBIL JURUSAN IPS SMA

Nah apa kelebihan mengambil jurusan IPS di SMA. Ada beberapa hal yang ternyata menjadi kelebihan 

·      Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Jika kamu perhatikan lebih detail, lowongan pekerjaan yang paling banyak adalah dari golongan jurusan IPS. Misalnya Akuntansi, Ekonomi, Manajemen dan lain sebagainya. Nah, itulah mengapa dikatakan bahwa jurusan IPS lebih besar peluangnya mendapat pekerjaan. Tinggal meningkatkan kualitas dan skill kamu.

·         Persaingannya Sedikit

Saat penjurusan dimulai, bisa kamu perhatikan hiruk-pikuk yang terasa pasti dari jurusan IPA. Sedangkan jurusan IPS terlihat adem ayem saja. Hal ini bisa dikatakan kalau jurusan IPS itu minim persaingan, jadi kamu tidak perlu bersusah payah seperti halnya anak jurusan IPA. Begitu pula dengan tingkat persaingan masuk universitas, biasanya akan lebih mudah dan sedikit.

·         Jika Kuliah Pilihan Jurusannya Beragam

Satu lagi kelebihan memilih jurusan IPS sewaktu SMA adalah pilihan jurusannya yang beragam saat kuliah. Begitu beragamnya tak jarang banyak anak IPA yang melakukan lintas jurusan saat tes masuk perguruan tinggi karena jurusan pilihannya berada di jalur IPS. Daya tampung perkuliahan IPS biasanya lebih besar dibandingkan dengan jurusan IPA.

·         Anak IPS Terkenal Gaul dan Asyik

Bukan rahasia lagi jika anak IPA terkenal sebagai anak yang serius karena tuntutan pelajaran yang rumit. Berbeda dengan anak IPS yang lebih santai dan menikmati. Kondisi pembelajaran yang demikian menyebabkan anak IPS terkenal lebih asyik dijadikan sebagai teman, lebih gaul dan tidak kuper.

·         Ilmu yang dipelajari Dinamis dan Akan Selalu Digunakan

Anak IPS biasanya akan lebih banyak mempelajari tentang ilmu sosiologi, ekonomi dan geografi dimana ilmu ini akan lebih dinamis dan selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan pelajaran matematika yang dipelajari dalam jurusan IPA, konteksnya yang komplek hanya akan berlaku pada saat itu saja. Setelah lulus ilmu tersebut bahkan jarang digunakan.

Mengambil jurusan IPS sewaktu SMA bukanlah sebuah aib dan kesalahan.Bahkan banyak keuntungan mengambil jurusan IPS. Asalkan kamu dapat melihat peluang dan kelebihannya dengan cermat, rasa minder yang biasanya dirasakan anak IPS bisa berubah jadi sebuah kebanggaan, lho.

Jangan Minder Dulu, Ini Keuntungan Mengambil Jurusan IPS Ketika SMA Jangan Minder Dulu, Ini Keuntungan Mengambil Jurusan IPS Ketika SMA Reviewed by Pojok Rumahan on Agustus 01, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.