Manfaat Membacakan Buku Pada Anak

 

Membacakan buku pada anak? Nampaknya sepele saja.namun ternyata banyak sekali manfaatnya.

membacakan buku pada anak
foto : tempo.co

Pernah melihat anak tidak terampil berbicara atau mengalami speech delay? Nah, ternyata salah satu terapinya adalah membacakan buku pada anak-anak. Kapan mulai membacakan buku pada anak? Saya sendiri sangat ingat, ketika anak-anak masih balita sampai sekitar kelas 3an sekolah dasar (SD), kegiatan membacakan buku rutin saya lakukan.

Selain membacakan buku, saya juga acapkali menceritakan dongeng kepada mereka. Dongeng disini adalah khayalan sendiri yang biasanya tokoh-tokohnya para bintang. Entah bagaimana selalu ada ide mengarang indah suatu dongeng dengan menyisipkan pesan moral di dalamnya.

Ternyata memang banyak banget manfaat membacakan cerita pada anak ini. Tekhnik membacakan buku pada anak juga harus sedikit berbeda. Misalnya harus penuh ekspresi sehingga anak-anak tertarik.

Sayangnya masih banyak orang tua yang masih belum melakukannya. Entah karena memang nggak ada waktunya atau memang enggan membeli buku buat dibacakan ke anak-anak.

Manfaat Membacakan Buku Pada Anak

Kenapa harus membacakan buku pada anak? Apa manfaat membacakan buku pada anak?

Paling tidak ada 5 hal manfaat membacakan buku pada anak-anak. Ada yang sudah merasakannya juga?

#Menambah kedekatan dengan anak

Ini sebenarnya hal utama yang banyak tak disadari oleh orang tua. Membacakan buku artinya menambah interaksi dan kedekatan dengan anak bukan?

#Meningkatkan kemampuan berbahasa

Jangan dikira kemampuan berbahasa akan hadir dengan sendirinya pada anak.Orang tua juga perlu membantu menstimulusnya, khususnya bagi anak yang lambat berbicara. Nah membacakan buku salah satu terapinya.

#Melatih ingatan anak

Anak bisa diminta untuk menceritakan kembali cerita yang mungkin sudah dibacakan. Langkah ini juga sekaligus melatih daya ingatnya.

#Informasi hal baru

Banyak hal asing di dunia yang tak diketahui anak. Dengan membacakan cerita orang tua juga sekaligus memberikan informasi alias hal baru ke anak-anak.

#Meningkatkan minat baca anak

Ditengah gempuran gadget yang semakin dahsyat, sebaiknya anak-anak sedini mungkin dikenalkan dengan buku. Siapa tahu minat bacanya tumbuh kan.

Nah demikian 5 hal penting manfaat membacakan cerita buat anak-anak. Kalau pengalaman saya, hampir semua buku anak-anak suka. Mulai cerita bintang hingga cerita puteri-puteri dan pangeran kerajaan. Terkadang saya tak lupa membacakan juga cerita tentang sahabat nabi. Biar pengalaman literasi mereka lebih baik.

Bagaimana menurut kalian?

Manfaat Membacakan Buku Pada Anak Manfaat Membacakan Buku Pada Anak Reviewed by Pojok Rumahan on September 22, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.