Basi-Basi, Ternyata Ada Manfaatnya

manfaat basa-basi
sumber foto : yousay-suara.com


Kalau kamu baik, dipastikan aku juga baik

Kamu jahat, aku tetap berusaha baik tapi jaga jarak

Kamu banyak basa-basi, aku juga pandai basa-basi

Aku fleksibel kok, pintar adaptasi


Kutipan iseng saja sebenarnya. Dibuat sekenanya aja, tapi benar kan?

Buat beberapa orang, susah banget berbasa-basi. Atau dalam bahasa kerennya small talk. Jujur, kalau aku, bisa dikatakan orang yang pintar melakukan small talk ini. Bahkan sama siapapun, orang baru seklaipun, dengan gampang bisa melakukan percakapan yang bisa dikatakan dadakan.

Sekedar kilas balik, ketika masih SMP- SMA dulu, aku bisa dikategorikan orang yang sangat pendiam dan pemalu.Hanya punya sedikit teman dan jauh dari populer di sekolah. Hanya kenal sama teman-teman sekelas, itupun mungkin tidak akrab banget.

Jadi yang tidak heran, kalau teman-temanku di masa lalu, bila bertemu denganku saat ini, ya dipastikan lupaaa...tak apa.Memang segitu nggak terkenal dan tidak banyak teman dulu tuh. haha.

Lalu pernah baca sebuah buku, buku pengembangan diri gitu.Lupa judulnya. Intinya, agar pintar bergaul harus dengan latihan terus menerus. Jangan lupa ikut komunitas juga.

Wah, boleh juga ide ini.

Kebetulan dulu tuh kuliah di luar kota setelah lulus SMA. Nah disinilah ternyata kesempatan terbuka. Mulai dari bisa ikut organisasi kampus sampai melatih berbicara dengan ngobrol dengan siapa saja. Ya, siapa saja aku coba ajak ngobrol.

Mulai dari tukang pecel lele, tukang sate, mbak-mbak jualan warteg, ibu-ibu jualan makanan, sampai sebelah duduk di bis haha. Hasilnya? luar biasa banget ternyata.

Sejak saat itu, bisa dikatakan sudah mulai pintar ngobrol dengan orang lain. Apalagi kemudian ditambah banyak teman di kampus yang benar-benar orang baru, sehingga sangat memudahkan untuk "mencitrakan" diri sebagai orang yang supel dan jauh dari pendiam.

Alhamdulillah.

****

Bagaimana dengan basa-basi?

Basa-basi intinya sebenarnya buat membuka percakapan dan digunakan untuk hubungan sosial. percakapan biasnaya bukan buat mencari informasi terlalu detail, hanya buat membuka pembicaraan saja.

Dalam dunia kerja, basa-basi tentu juga sangat penting.Misalnya saat awal bertemu klien. Ada yang pernah juga?

Nah, lalu apa manfaat berbasa-basi. Ada beberapa ya, dan ini penting banget buat dipelajari. (dikutip dari berbagai sumber)

* Menjalin kecocokan

Niatkan basaa -basi, walau ringan sebagai cara menjalin kecocokan dengan orang lain. Baik yang sudah dikenal dengan baik ataupun seseorang yang baru dikenal. kecocokan tentu sangat penting baik di dunia kerja ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun tak selamanya mungkin akan cocok, tapi paling tidak di tahap awal ditemukan jalan menuju kecocokan tersebut.

* Kondisional

Memang tak semua wilayah/daerah, masyarakatnya biasa berbicara ddengan basa-basi. Adanya yang biasa bicara to the point saja. nah, tentu harus menyesuaikan kondisi, apakah perlu berbasa-basi atau tidak ketika mengobrol dengan seseorang. kemudian menyesuaikan juga dengan budaya setempat.

* Adat sopan santun/tata krama

Sekali lagi tiap daerah/wilayah tidaklah sama. namun secara umum, basa-basi menunjukkan kesopanan/tata krama.Bukan tak jadi diri sendiri, tapi menempatkan diri dengan tepat di suatu kondisi.

* Digunakan buat orang yang tak dekat 

ini juga benar adanya.Bila kita sudah dekat dengan seseorang buat apa lagi basa-basi.Tapi buat orang baru ditemui, entah dalam bisnis, dunia kerja atau malah dalam suatu acara, basa-basi tentulah sangat penting.Intinya agar bisa menyesuaikan dengan orang yang memang tak terlalu dekat dengan kita ketika memulai pembicaraan.

Nah, demikian beberapa diantaranya manfaat basa-basi. Bagaimana menurut kalian.

Semoga bermanfaat. 



 




Basi-Basi, Ternyata Ada Manfaatnya Basi-Basi, Ternyata Ada Manfaatnya Reviewed by Pojok Rumahan on Desember 20, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.