4 Langkah Membiasakan Anak Mengkonsumsi Sayur dan Buah

konsumsi sayur buah pada anak
sumber foto : Alodokter

 

Pernah menemui anak-anak yang sangat sulit disuruh mengkonsumsi sayuran dan malas makan buah? Beberapa hal berikut bisa dicoba.

 

Membiasakan hal baik pada anak-anak bukan hal mudah.Jangankan pada anak-anak, orang dewasa saja kadang susah melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan tubuhnya.

Misalnya berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang baik.Apalagi orang dewasa terkadang sudah punya banyak kebiasaan hidup yang sangat sulit buat diubah. Informasi soal kesehatan bisa juga digali melalui website pafimamberamoraya.

Pada anak-anak tentu berbeda. Anak-anak masih bisa buat “dibentuk” kemudian diarahkan untuk melakukan berbagai hal baik.

Salah satunya ya soal mengkonsumi makanan yang bermanfaat buat kesehatan. Diantaranya adalah buah dan sayur.

Membiasakan mengkonsumsi buah dan sayuran pada anak-anak tentu bukan hal mudah. Bukan karena mereka sudah memiliki kebiasaan yang mungkin terbentuk lama seperti orang dewasa tetapi karena memang anak-anak cenderung pemilih dalam mengkonsumsi suatu makanan.

Anak saya misalnya.Dari kecil hingga sekarang sudah berusia 11 tahun termasuk yang sangat pemilih soal makanan. Mulai lauk apa yang dikonsumsi hingga sayur dan buah yang mau dikonsumsi sangat susah buat dipaksa-paksa.

Untuk lauknya misalnya, bisa dikatakan susah sekali diminta mengkonsumsi ikan sungai ataupun ikan laut. Padahal berbagai jenis ikan sungai sangat berlimpah di daerah kami. Lauknya hanya seputaran ayam, tempe tahu , telur dan ikan lele. Udang dan cumi masih mau, itupun syaratnya udangnya harus yang agak beras. Kalau udang kecil-kecil bisa dipastikan tidak mau dimakan.

Sayuran lain lagi. Hanya suka dengan sayur bayam saja. Itupun dengan masak dibening dan tidak suka diolah apa-apa lagi. Sedangkan buah-buahan juga sangat terbatas. Kesukaannya hanya buah semangka, duku, rambutan, anggur. Buah lain bisa dibilang susah buat diminta mengkonsumsinya.  

Nah untuk kasus-kasus seperti ini tentu saja orang tua harus punya strategi tersndiri.Apalagi sangat banyak manfaat buat anak yang rutin mengkonsumi sayuran maupun buah-buahan/

 Mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur tentu saja manfaatnya buat anak. Selain pemenuhan dan penyempurna nutrisi, konsumsi buah dan sayur juga mempunya manfaat spesifik seperti menghindarkan dari penyakit yang berbahaya karena buah dan sayur mengandung antioksidan.

Kemudian juga bisa mnghindari dari obesitas. Seperti yang kita banyak tahu, anak sekarang, banyak yang obesitas akibat dari pola makan yang itu-itu saja atau kebanyakan mengkonsumsi makanan instan.Anak sekarang juga kebanyakan malas bergerak dan lebih suka main gadget. Nah, buah dan sayur bisa melindungi dari gejala obesitas tersebut pada anak.

Tentu masih banyak manfaat buah dan sayur pada anak yang tentu sudah banyak diketahui para orang tua. Tinggal bagaimana membiasakan anak agar mau mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur. Tentu tak harus yang mahal-mahal. Buah lokalpun sangat banyak enak dan sarat manfaat.

Cara agar anak mau makan buah dan sayuran

Ada beberapa cara yang bisa dicoba agar anak mau mengkonsumsi buah dan sayuran.

Komunikasikan kepada anak manfaat buah dan sayur

Bila anak sudah berusia 4 tahun keatas mungkin akan lebih mudah mengkomunikasikan kepada anak tentang manfaat buah dan sayur bagi tubuh dan mengapa mereka harus mengkonsumsi dua jenis makanan tersebut. Komunikasi tentu sesuai usia anak/

Memulai dengan buah sayur yang disukai

Bisa dimulai dengan buah dan sayur yang mereka sukai terlbih dahulu dan barangkali lebih menarik buat mereka. Namun seiring berjalannya waktu tetap harus dilakukan diversifikasi sayur dan buah yang harus dikonsumsi anak.tentu untuk melatih variasi rasa dan keseimbangan gizi juga.

Dipadukan dengan makanan lainnya

Misalnya sayur bisa diselipkan dalam roti tawar yang dicampur dengan jenis makanan lain yang disukai anak. Atau bisa juga sayur dicampur dengan dadar telur yang bisa digunakan sebagai menu sarapan paginya. Intinya orang tua harus kreatif menyelipkan sayur dan buah di berbagai jenis makanan lainnya.

Pengolahan yang disukai anak

Misalnya buah diolah dalam bentuk minuman atau jus buah. Sayur juga bisa diperlakukan demikian atau dicampur dengan buah. Pengolahan yang lebih variatif akan lebih disukai anak-anak apalagi bila “penampakannya” menarik.

Semoga bermanfaat.


 

 

 

 

4 Langkah Membiasakan Anak Mengkonsumsi Sayur dan Buah 4 Langkah Membiasakan Anak Mengkonsumsi Sayur dan Buah Reviewed by Pojok Rumahan on Juni 14, 2024 Rating: 5

2 komentar:

  1. Kalo buah anakku doyaaaan semuanya mba, tapiiii kalo sayur memang picky 🤣.

    Cuma aku udah biasain dari kecil, paksa utk makan. Suka ga suka hrs makan.

    Mungkin ga bagus sih cara begitu, tapi setidaknya mereka JD tetep makan sayur, walopun mungkin ga suka 😄

    Krn jujur dulu pun mama melatih aku begitu. Suka g suka hrs makan sayur..sekarang aku malah tergila2 dengan sayur, apalagi pas tahu efeknya sebagus apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya harus dipaksa awalnya, lama2 memang terbiasa ya...sama, aku juga hampir doyan semua sayuran berkat paksaan juga dulunya haha

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.