Menghadapi Anak yang Susah Makan

Menghadapi anak yang susah makan tentu perlu trik tersendiri. Diperlukan kesabaran lebih buat para orang tua.

penyebab anak susah makan
foto : lifestyle kompas.com


Keponakan saya bisa dibilang sangat sulit makan. Apa aja yang dimasukkan ke mulutnya bisa dikeluarkan lagi. Kalaupun ditelan sangat sedikit. Tentu saja orang tua nya galau luar biasa.Bayangkan saja, usia 20 bulan beratnya 8 kg lebih seidkit saja.Kata ibunya, seakan-akan nggak dikasih makan, padahal anaknya yang susah luar biasa makan haha.

Segala upaya tentu saja sudah dicoba.Mulai konsultasi ke dokter anak sampai mencoba beragam menu. Namun hasilnya belum maksimal juga,

Tentu saja menghadapi anak yang susah makan bisa menjadi tantangan bagi para orangtua. Namun tentu orang tua harus tetap mencari cara terbaik.berikut mungkin beberapa hal yang bisa dicoba ya teman-teman yang anaknya susah sekali makan.

Tips Menghadapi Anak Susah Makan

Tetap tenang dan bersabar

Yang pertama harus dilakukan orang tua adalah menghindari perasaan panik atau terlalu khawatir. Anak-anak memiliki selera yang berbeda , bahkan dengan orang tuanya sendiri dan fase sulit makan adalah hal biasa. Usahakan tetaptenang dan bersabar saat menghadapinya.

Jadwalkan waktu makan yang teratur

Cara ini katanya mampu menciptakan rutinitas makan dengan jadwal yang konsisten pada anak-anak. Ini akan membuat mereka tahu kapan waktu makan mereka. Pastikan juga anak makan dalam suasana yang tidak terburu-buru dan santai saja.

Contoh yang baik

Tak dapat dipungkiri, anak-anak sering meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Contoh yang baik dengan makan makanan sehat dan beragam akan mereka contoh juga. Makan bersama sebagai keluarga juga dapat memberikan inspirasi kepada anak untuk mau mencoba makanan baru. Siapa tau jadi doyan makan juga kan?

Makanan yang beragam

Ponakan saya sedang mencoba berbagai menu baru seperti udang dan teri nasi. Nah jangan lupa untuk memberikan variasi makanan yang sehat dan bergizi kepada anak.

Buah, sayuran, biji-bijian, dan protein juga boleh untuk dicoba dan dikenalkan. Jangan sedih bila anak menolaknya,bisa dicoba laghi lain waktu.

 

Dukung anak

Bila sudah agak besar, bisa ditanyakan apa yang disukainya dan ajak anak berbelanja bahan makanan atau malah memasaknya. Siapa tahu mereka jadi ingin mencoba menu baru lagi.

Jangan dihukum

Hindari memberikan hukuman kepada anak akibat kasus susah makannya ini. Biarkan anak nyaman dan kelak akan senang makan makanan yang baik.

Ke Dokter atau ahli gizi

Bila sudah sulit diatasi, tak ada salahnya konsultasi ke dokter atau ahli gizi. Siapa tau mereka memiliki solusi yang baik.

Yang perlu diingat lagi bahwa setiap anak adalah unik . Butuh waktu bagi mereka untuk menerima makanan baru dan beradaptasi dalam hal apapun. Tetap semangat ya para orang tua

Semoga bermanfaat.


Menghadapi Anak yang Susah Makan Menghadapi Anak yang Susah Makan Reviewed by Pojok Rumahan on Mei 27, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.