5 Cara Menjadi Entrepreneur Inovatif dan Sukses

Menjadi seorang entrepreneur tentu bukan hal mudah. Selain perlu terus kreatif dan inovatif, juga dituntut untuk belajar terus menerus.Agar menyesuaikan perkembangan zaman.


entrepreneur inovatif
Industri keripik pisang Lampung (foto : Radar Lampung)


Bagi Mustofa, pengusaha keripik pisang Lampung, hari-hari ini ,dia sudah bisa memetik hasil usahanya selama lima tahun terakhir.  Memang badai pandemi selama dua tahun lebih sempat membuat usahanya benar-benar terpuruk. Menurunnya penjualan hingga hampir tak ada turis yang berkunjung ke toko pusat oleh-oleh keripik pisangnya menjadi pukulan tersendiri.

Namun kemudian, dengan berlalunya pandemi dan sejumlah inovasi yang dilakukannya, perlahan tapi pasti, usahanya berkembang kembali. Kini, dia sudah merekrut kembali karyawannya yang sempat dirumahkan selama pandemi. Selain itu, dengan bergabung dengan komunitas yang diprakarsai pihak Kementerian Perindustrian. Cara ini ternyata membuat usahanya makin maju lagi.

Kerja keras dan tidak mageran (malas gerak). Rupanya itulah kunci utama buat sukses. Banyak sekali kita lihat contoh para entrepreneur sukses dunia dan juga di Indonesia.mereka ternyata bukan kaum rebahan dan mageran belaka, tapi memang hidupnya dipenuhi dengan kerja keras bahkan terus berinovasi. 

Tentu saja inovatif dan meraih kesuksesan bukanlah hal yang mudah. Namun dengan tekad dan usaha yang keras, hal tersebut dapat dicapai. 

Memiliki ide yang unik dan solutif , merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki. Tentu tujuannya untuk dapat memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Dalam kasus pak Mustofa di atas, ide keripik dengan beragam rasa, menjadi solusi pasar yang awalnya sempat sepi. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi entrepreneur inovatif dan sukses bila belajar dari  para pengalaman mereka yang berhasil.

# Pelajari pasar dan pesaing 

Mempelajari pasar dan pesaing tentu saja bukan hal sepele.Namun ini wajib dilakukan. Bahkan katanya juga harus dipelajari bagaimana pelanggan berpikir dan memutuskan untuk membeli suatu produk. 

# Tim yang solid

Membangun tim yang kuat. Untuk mencapai ini memang diperlukan orang-orang yang memiliki keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun bisnis yang kuat.

# Kekuatan merek (brand)

Membangun merek tentu bukan pekerjaan seperti membalik telapak tangan. Miliki merek yang kuat dan mudah diingat oleh pelanggan Merek yang baik dapat membantu membedakan diri dari pesaing, yang setiap saat bertambah.  

# Gunakan kesempatan sebaik mungkin

Jangan pernah membuat kesempatan menjadi sia-sia. Seorang entrepreneur inovatif, dituntut untuk mencari peluang baru untuk memperluas bisnisnya. Barangkali ada saatnya kegagalan menghampiri, namun itu bagian dari proses belajar. Pelajari sejumlah kesalahan dalam bisnis. 

# Terus belajar

Belajar bisa dari mana saja. Teruslah belajar untuk mengembangkan diri. Pelajari soal industri kemudian teknologi terbaru dan kembangkan selalu kemampuan diri. Ikuti juga sejumlah kursus kepemimpinan dan kursus pengembangan diri yang akan membantu peningkatan skill diri. 

Website buat para pembelajar

Salah satu portal pembelajaran online yang bisa diandalkan adalah GreatNusa. Melalui website https://greatnusa.com/ yang merupakan portal pembelajaran online, para enterpreneur dapat belajar apa saja keahlian baru yang ingin dikembangkan.

belajar di GreatNusa
sumber foto : GreatNusa

Di GreatNusa,  kalian dapat memperoleh kemampuan baru dengan beragam kursus yang tersedia. Hampir semua bidang bisa didapatkan di GreatNusa. Antara lain leadership,business and management, data&tekhnology, desain&creative, digital marketing, event, finance & accounting dan masih banyak lagi. Total ada 573 kursus tersedia.

Buat para entrepreneur, berbagai kursus ini tentu saja sangat direkomendasikan. Salah satu kursus yang bisa diikuti adalah “menjadi pemimpin yang inspiratif” hanya dengan Rp 30.000 saja. Apa saja yang akan didapatkan? 

Selain keterampilan, pengetahuan, dan kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin hebat, pembeli kursus ini juga akan mendapatkan akses kursus selama 12 bulan, kursus dalam bahasa indonesia dan 3 sesi kursus.


sumber foto : GreatNusa


Salah satu yang menarik lagi adalah Special Bundling for Integrated Marketing Courses. Dengan membayar Rp 550.000 saja akan ada 3 main course dalam bundling ini yaitu digital Marketing 101: An Essential Guide to Market, Segment and Persona, Understanding Your Customer for A Successful Business dan Improving Your Business through Brand Awareness.

Nah bagaimana, para entrepreneur, ingin pilih kursus yang mana? Silakan di pilih-pilih dulu ya.

Semoga bermanfaat.


5 Cara Menjadi Entrepreneur Inovatif dan Sukses 5 Cara Menjadi Entrepreneur Inovatif dan Sukses Reviewed by Pojok Rumahan on Agustus 16, 2023 Rating: 5

6 komentar:

  1. kepengen saya bisa jualan, tapi masih jalan di tempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga suatu hari nanti tercapai kan cita2nya aaamiin

      Hapus
    2. amin, pengen bisa berwirausaha..... cuman kesiapan masih belum ada

      Hapus
    3. InshaAllah suatu hari nanti, siapa tau kan?

      Hapus
  2. Beberapa cara ini emang kudu banget diterapin sih kalau lagi emulai atau menjalankan usaha. Tapi zaman sekarang yang apa-apa serba online, penjual juga harus siap buat nyediain jasa delivery order. Soalnya kebanyakan orang males dateng ke toko langsung hihi meskipun udah ada grab dkk, tapi kadang orang yg tinggal di daerah terdekat justru minta dianter sama tim produksinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt kak.Sekarang harus siap buat yg jualan online, salah satunya ada tenaga buat nganter barang gitu.makasih kak

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.